Dirjen Diktiristek Ajak Humas PTN dan LLDIKTI Kolaborasi Jaga Reputasi Institus

Bali – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Abdul Haris mengajak seluruh humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akademik dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) untuk berkolaborasi membangun dan menjaga reputasi dan citra institusi pendidikan tinggi. Hal ini disampaikan Abdul Haris saat memberi pengarahan pada pembukaan Rapat Kerja Kehumasan Pendidikan Tinggi yang diselenggarakan pada Rabu (19/6) di Badung, Bali.

Abdul Haris mengingatkan bahwa humas mempunyai tugas yang sangat penting yaitu membangun dan menjaga reputasi dan citra baik institusi. Reputasi perlu dibangun dengan serius. Hal ini karena reputasi merupakan modal dasar untuk membawa institusi menjadi akuntabel dan terbuka sehingga mendapat pengakuan dari publik.

“Ini tugas penting humas. Untuk itu, reputasi dan citra positif yang sudah ada perlu dipertahankan dengan diseminasikan melalui berita-berita baik, dan sebarkan prestasi dan capaian Diktiristek. Selain itu, humas harus proaktif mengidentifikasi dan menangani isu-isu yang berdampak pada citra dan reputasi institusi”, pesan Abdul Haris.

Selain itu, Abdul Haris berpesan kepada para insan humas pendidikan tinggi untuk meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas kinerja. Hal ini penting karena humas merupakan salah satu kanal untuk implementasi good governance melalui penyediaan dan penyebaran informasi yang dibutuhkan publik serta merespon cepat keluhan-keluhan masyarakat.

Baca Juga :  Pengumuman Hasil SNMPTN 2020

Terakhir, Abdul Haris mengajak insan humas Diktiristek, PTN, dan LL DIKTI untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kreativitas dalam menyajikan informasi yang akurat, jelas, dan informatif kepada masyarakat. Humas merupakan garda terdepan dalam mengomunikasikan kebijakan/program pemerintah untuk kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Setditjen Diktiristek Yayat Hendayana mewakili plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek menyampaikan bahwa Rapat Kerja Kehumasan Pendidikan Tinggi Tahun 2024 mengusung tema kreasi, kolaborasi, dan sinergi. Melalui tema ini, diharapakan terjalin kolaborasi dan sinergi antar humas perguruan tinggi dan LLDIKTI dalam orkestrasi diseminasi implementasi kebijakan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia.

Lebih lanjut, Yayat Hendayana menjelaskan bahwa Raker Kehumasan ini juga sebagai upaya penguatan kapasitas humas PTN dan LLDIKTI.

“Di ajang ini kami juga menghadirkan narasumber pakar dan praktisi di bidang kehumasan, media massa, dan media sosial yang akan berbagi ilmu tentang komunikasi proaktif, pengelolaan komunikasi krisis, hubungan dengan media, dan pengelolaan komunikasi krisis”, ungkap Yayat Hendayana.

Adapun narasumber dan mentor pada kegiatan ini antara lain Fardila Astari (Wakil Sekretaris Umum Perhumas), Jojo S. Nugroho (Managing Director Imogen PR), Sari Soegondo (Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia), Rulli Nasrullah (Konsultan Komunikasi Digital) dan Khoiria Oktaviani (Koordinator Komunikasi dan Layanan Informasi Publik, Biro KLIK, Kementerian ESDM).

Baca Juga :  Webinar Internasional Indonesia-India, Bahas Potensi Kerja Sama dan Penawaran Beasiswa dari Pemerintah India

Rapat Kerja Kehumasan Pendidikan Tinggi Tahun 2024 diselenggarakan pada 19-21 Juni 2024 di Badung, Bali. Hadir dalam kegiatan ini perwakilan humas 74 PTN dan 17 LLDIKTI di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Selain menerima pembekalan dan materi penguatan kapasitas kehumasan, peserta raker juga mengikuti workshop penyusunan strategi komunikasi. Dalam workshop ini peserta raker dibagi dalam sepuluh kelompok untuk mendiskusikan dan merancang strategi komunikasi kolaboratif yang akan digunakan untuk mendiseminasikan berbagai program/kebijakan tentang transformasi pendidikan tinggi. Luaran dari workshop ini diharapkan dapat memantik kerja-kerja kolaboratif antar perguruan tinggi dalam publikasi program/kebijakan di bidang pendidikan tinggi. Selain itu diharapkan terjalin komunikasi yang erat antar humas di bidang pendidikan tinggi untuk saling mengokohkan citra positif dan reputasi institusi.

Raker Kehumasan Pendidikan Tinggi Tahun 2024 juga menjadi ajang sosialisasi panduan Anugerah Humas Diktiristek 2024. Panduan ini merupakan acuan bagi PTN dan LLDIKTI dalam penyusunan proposal/laporan yang akan dikompetisikan di Anugerah Diktiristek 2024.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

#KampusMerdekaIndonesiaJaya
#DiktiSigapMelayani

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
779 Views