Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama pengurus Ikatan Keluarga Alumni ITS dan seluruh civitas akademika memainkan egrang bathok kelapa di bundaran kampus ITS, Minggu (28/10/2017).

Total ada 2.490 orang yang mengikuti permainan tradisional ini. Tak hanya mahasiswa dan alumni, permainan ini juga diikuti oleh Rektor ITS Profesor Joni Hermana, dekan, dosen dan seluruh karyawan ITS. Bahkan, Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul, juga ikut dalam permainan ini.

Seluruh peserta memainkan permainan egrang bathok kelapa ini sepanjang 10 meter dari bunderan ITS hingga ke dalam area kompleks ITS.

Profesor Joni Hermana mengatakan,”Festival permainan tradisional egrang bathok kelapa ini digelar, selain dalam rangka memperingati Dies Natalis ITS ke-57 dan Sumpah Pemuda, juga untuk mengenalkan budaya kepada anak-anak muda yang kini lebih senang bermain gadget.”

Rektor ITS Prof Joni Hermana juga mengungkapkan festival dolanan ini mengajak mahasiswa yang saat ini disebut sebagai kaum milenial untuk kembali mengenang masa lalu.

Selain egrang juga ada permainan tradisional lain seperti gobak sodor dan betengan.

“Kegiatan ini kami adakan bersama ikatan alumni dan semua mahasiswa serta pegawai. Jadi semua bisa ikut mengenang permainan zaman dulu,”ujarnya.

Kesempatan memakai egrang batok kali pertama dilakukan gus Ipul, sapaan akrab orang nomor 2 di Jatim ini.

Meskipun sempat ragu dan kesulitan di awal memakai, Gus Ipul akhirnya melangkah dengan egrang kedua yang dipilihnya. Bagi Gus Ipul, momen mengenang permainan tradisional di era digital menjadi sarana mengingat jejak leluhur. “Permainan egrang bersama ini bisa menumbuhkan kebersamaan dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa”, ungkapnya.

“Kalau bisa kegiatan seperti ini diadakan secara rutin, jadi bisa meningkatkan kecintaan pada permainan tradisional lagi,” imbuhnya.

Kegiatan Festival permainan tradisional egrang bathok kelapa yang digelar keluarga besar ITS ini, tak hanya mendapatkan apresiasi dari Pemprov Jatim, tapi juga Museum Rekor Indonesia, MURI.

Di akhir acara, MURI memastikan bahwa festival permainan tradisional egrang bathok kelapa yang diikuti 2.490 orang ini telah menorehkan rekor MURI dengan jumlah pemain egrang bathok kelapa terbanyak di Indonesia. (Humas ITS).