Dengan berbagai penyempurnaan hasil inovasi motor listrik GESITS (Garasindo Electric Scooter ITS) akhirnya mampu melalui uji kemampuan berjalan dalam kegiatan Tour de Jawa – Bali. Dalam tour ini motor GESITS menempuh ribuan kilometer yang diawali dari Jakarta (10/11) berakhir tiba di Kantor DPRD Provinsi Bali, pada Sabtu (12/11/2016).

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir melaporkan setelah diuji jalan yang menempuh kurang lebih 1.400 km, kendaraan ini dalam kondisi yang baik dan sudah siap untuk diproduksi meskipun masih harus melewati sejumlah regulasi yang harus diselesaikan.

img_7180-2-kcl

“Saya sudah bicara dengan Pak Menteri Perindustrian, Pak Menteri Perhubungan dan Pak Menteri Perdagangan serta Dirjen yang menangani ini. Jangan sampai teknologi yang dihasilkan anak bangsa ini terhambat karena regulasi kebijakan “tegas Nasir.

Nasir juga mengemukakan Bali dijadikan tempat akhir uji coba GESITS karena Bali sudah dikenal didunia, sehingga terdapat tujuan marketing dan promosi agar motor ini diharapkan dapat dilihat juga oleh mata dunia internasional.
“Bali adalah tujuan marketing kami untuk motor GESITS ini sekaligus promosi juga disini, mudah-mudahan ini sukses. Bali tempat yang cocok untuk promosi ini karena sudah menjadi ecotourism di Indonesia,” imbuhnya.

img_7345-2-kcl

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika pada kesempatan yang sama nampak sangat antusias saat menyambut kedatangan 5 pengendara uji jalan sepeda motor listrik ini yang menunjukkan bahwa anak bangsa Indonesia sudah mampu menciptakan produk teknologi yang ramah lingkungan.

“Kita patut berbangga dengan apa yang telah dihasilkan oleh putra putri bangsa kita, kami akan terus mekakukan sinergi dengan kementerian terkait sehingga di tahun 2017 sepeda motor tenaga listrik ini sudah siap meramaikan pasar otomotif tanah air dan bila memungkinkan akan diekspor karena ini sesuai dengan konsistensi pemerintah untuk melaksanakan gerakan ketahanan dan hemat energi,” tuturnya.

img_7287-2-kcl

Chief Sales Director Garansindo Group, Harun Sjech mengatakan tim GESITS menyadari, mengetahui, dan mengapresiasi setiap tetes keringat yang tim ini lakukan dan kerahkan untuk menjadikan produk ini menjadi membanggakan.

“Besar harapan kami, melalui motor GESITS ini nantinya akan menjadi pionir dalam industri otomotif karya anak bangsa, serta dapat menjadi inspirasi dan memotivasi kepada anak bangsa untuk terus berinovasi, oleh karena itu, kami (Garansindo) dan ITS siap mengawal serta menjadikan produk ini meraih kesuksesan,” ungkap Harun pada sambutannya.

Selain itu kepala PLN regional Bali siap mendukung infrastruktur untuk pengisian listrik bagi kendaraan motor listrik ini dimasa datang.

img_7411-2-kcl

Salah satu pengendara GESITS dalam tour de Jawa – Bali, Grangsang mengatakan dengan harga yang kompetitif yaitu dibawah 20 juta, nantinya bisa bersaing dengan motor-motor yang berbahan bakar minyak dan dari segi kenyamanannya juga.

“Dari sisi kenyamanan, motor GESITS ini juga bisa dikatakan cukup nyaman. Saya tidak terlalu capek ketika mengendarai motor ini dari perjalanan dari Jakarta ke Bali, ini bisa jadi alternatif pengendara motor di Indonesia,” ujar Grangsang. (ard)

img_7376-2-kcl