Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi
ISSN/ISBN | : | dalam proses |
---|---|---|
Penyusun | : | Sri Suning Kusumawardani, Dewi Wulandari, dkk |
Jumlah halaman | : | 135 |
Ukuran File | : | 0.00 B |
Tanggal Rilis | : | |
Penerbit | : | Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi |
Kemajuan Generative AI memberikan peluang baru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan konten pembelajaran yang inovatif, membantu personalisasi pembelajaran, dan mendukung pembelajaran inklusif. Namun disamping itu, Generative AI juga dapat memberikan dampak negatif jika tidak digunakan secara bijak. Risiko seperti plagiarisme dan ketergantungan pada Generative AI menurunkan kreativitas dan kualitas berpikir kritis yang seharusnya menjadi tujuan Utama pembelajaran di perguruan tinggi. Tantangan-tantangan ini perlu kita atasi dengan baik dan penuh tanggung jawab.
Buku panduan ini disusun untuk membantu dosen, mahasiswa, dan seluruh civitas akademika untuk memahami dan menerapkan etika penggunaan Generative AI dalam pembelajaran perguruan tinggi. Kami berharap buku panduan ini dapat menjadi pedoman dalam memastikan proses pembelajaran di perguruan tinggi memperhatikan berbagai aspek etis, seperti integritas, keamanan dan privasi data, transparansi, serta inklusivitas.
Buku ini bisa diunduh melalui tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/PanduanGenAI