Dalam rangka proses penyampaian hasil evaluasi pemantauan dosis pekerja radiasi kepada Pemegang izin dan lembaga, BAPETEN telah membuat aplikasi online yang bernama B@LIS Pendora atau lebih dikenal dengan sebutan Pencatatan Dosis Pekerja Radiasi.

B@LIS Pendora memfasilitasi laboratorium dosimetri dalam pembuatan Laporan Hasil Uji (LHU), dan penyampaian pelaporan hasil evaluasi pemantauan dosis pekerja radiasi kepada Pemegang Izin dan BAPETEN. Aplikasi B@LIS Pendora sendiri terintegrasi dengan B@LIS Online Perizinan, B@LIS Online Inspeksi, dan B@lis Online Pekerja Radiasi.

Guna mempermudah menggunakan aplikasi B@LIS Pendora, BAPETEN mengadakan sosialisasi dan workshop penggunaan aplikasi B@LIS Pendora yang digelar di Serpong, Kamis (19/10/2017). Acara yang berlangsung selama 2 hari ini, dihadiri oleh perwakilan dari 9 lab pemroses diseluruh Indonesia.

IMG_0102-final             IMG_0116-ok

Acara dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan Farid Arif Binaruno, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian status progress aplikasi B@LIS Pendora oleh Direktur Inspeksi Instalasi dan Bahan Nuklir Budi Rohman.

Selain itu juga disampaikan sejumlah pemaparan seperti pengenalan fitur dari aplikasi B@LIS Pendora oleh Arifin Muhammad Wibowo, serta alur proses aplikasi B@LIS Pendora oleh Kepala Bagian Data dan Informasi Esturini Fitriyanti. Pada kesempatan ini juga dilakukan workshop penginputan data LHU yang dilakukan oleh masing-masing lab pemroses.

IMG_0109-final

Diharapkan melalui acara ini penggunaan B@LIS Pendora dapat mempermudah proses pencatatan dosis pekerja radiasi oleh lab dosimetri, mempermudah proses pelaporan dosis kepada pemegang izin dan BAPETEN, proses tindak lanjut dosis melebihi tingkat dosis dan periode pelaporan lebih cepat dan tepat sehingga keselamatan pekerja radiasi terus terpantau, serta meningkatkan kepastian terhadap keselamatan pekerja radiasi dalam melaksanakan tugasnya.(bp/an)