MAJENE – Suasana bahagia menyelimuti ratusan mahasiswa Unsulbar khususnya angkatan 2014. Mereka akhirnya secara resmi mendapat kucuran dana dari Kementerian Pendidikan Tinggi. Disamping mendapat dana tunai, lebih seratus mahasiswa Unsulbar juga sudah dibebaskan dari pembayaran SPP selama empat tahun masa kuliah.

Wakil Rektor Unsulbar I Bidang Umum dan Kemahasiswaan, Muhammad Saad, mengatakan, mahasiswa Unsulbar angkatan 2014 mendapat kucuran dana dari pusat setelah lolos dalam seleksi program beasiswa Bidik Misi.

“Alhamdulillah 101 mahasiswa kita dari semua fakultas lolos dalam seleksi Bidik Misi. Ini tentu menjadi kebahagiaan bagi civitas akademika Unsulbar karena baru setahun menjadi negeri, pusat sudah memberi perhatian,” ujar Saad di kampus Unsulbar, Kelurahan Tande Timur, Kecamatan Banggae Timur, Majene, Kamis (8/1/2014).

Salah satu mahasiswa Unsulbar, Juli Indrawan, mengatakan, dirinya sudah mendapat dana tunai yang ditransfer langsung ke rekening pribadinya sebesar Rp3,6 juta. Dana itu, untuk perhitungan per semester atau bila dirata-ratakan, mahasiswa mendapat sebesar Rp600 ribu per bulan.

“Tadi, saya sudah cek rekening, Alhamdullilla sudah masuk pak. Ini akan sangat membantu untuk biaya hidup saya selama kuliah di Majene. Baik untuk buku, biaya foto copy bahan kuliah dan juga untuk bayar sewa kos,” kata Juli, salah seorang mahasiswa yang menerima beasiswa Bidik Misi.

Juli yang merupakan mahasiswa Agribisnis fakultas Pertanian merupakan mahasiswa asal Polewali. Meski jarak Majene dan Polewali ditempuh sejam lebih, namun ia memilih kos di Majene.

Juli juga mengakui, dirinya sudah mendapat informasi dari kampus jika SPP-nya sudah lunas. Sehingga, dana yang masuk ke rekeningnya bisa langsung ia gunakan untuk kebutuhan studi.

Sekadar diketahui, beasiswa Bidik Misi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa tidak mampu guna memutus mata rantai kemiskinan.

Walaupun demikian, syarat prestasi pada Bidik Misi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima beasiswa terseleksi dari yang benar benar mempunyai kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. “Dengan mendapat bantuan dana serta bebas SPP, kita harap mahasiswa yang lolos Bidik Misi terus meningkatkan prestasi akademik,” ujar salah satu dosen Unsulbar, Nurlela Tasrif.

(ful)

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/01/08/65/1089734/101-mahasiswa-terima-beasiswa-bidik-misi