SURAKARTA – Mungkin kini tak banyak lagi yang merayakan momen ulang tahunnya dengan melakukan pengajian. Berbeda dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, perayaan awal Dies Nataliesnya dilaksanakan dengan cara mengaji bersama.

Bertempat di Masjid Nurul Huda UNS, Jumat (10/3) malam, UNS melakukan pengajian bersama yang bertajuk Kampus Nusantara Mengaji, merupakan acara yang juga dilakukan serentak di sekitar 40 Perguruan Tinggi di Indonesia. Hadir pada kesempatan itu Menristekdikti Mohamad Nasir yang didaulat untuk memimpin pengajian tersebut. Nasir memulai pengajian tersebut dengan membaca Q.S. Ad-Dhuha.

Rektor UNS Ravik Karsidi mengatakan bahwa melalui acara Kampus Nusantara Mengaji ini adalah bentuk rasa syukur UNS, karena biasanya pada malam Dies Natalies selalu dilakukan acara seperti ini.

“Melalui pengajian ini, kami diminta melalui teleconference untuk mengajak sekitar 40 kampus lain bergandengan tangan lakukan Kampus Nusantara Mengaji ini. Dan dalam rangka Dies Natalies ke-41, sudah sepantasnya kita tunjukkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa lewat iringan doa dan harapan dalam pengajian malam ini,” ujarnya.

Ravik menambahkan UNS selalu memberikan apresiasi kepada para hafidh quran khatam 30 juz yang dianggap setara dengan pemenang olimpiade internasional. Sedangkan hafal 15 juz dianggap setara dengan pemenang olimpiade nasional.

Tampak hadir pada acara ini antara lain Mantan Mendikbud Mohammad Nuh, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Irjen Kemenristekdikti Jamal Wiwoho, dan penggagas ESQ Ary Ginanjar. (DZI)

Galeri