Rabu (24/5) Tim Lemon Chiffon dan Tim Traveller dari UI berhasil menempati posisi Global Winner di kompetisi inovasi teknologi bertajuk Go Green in The City di Conclave Wijaya, Jakarta Selatan.

Tim Lemon Chiffon, beranggotakan Nadhira Gilang R. (Teknik Mesin 2014) dan Astania Putri (Teknik Mesin 2014), sedangkan Tim Traveller yaitu Irene Angela (Teknik Metalurgi dan Material 2014) dan Reisa Adityo (Teknik Mesin 2013).

Ini adalah kemenangan kedua UI setelah pada tahun sebelumnya berhasil meraih gelar yang sama melalui kemenangan Tim Scarf. Dari 844 total pendaftar di skala nasional, dua tim dari UI berhasil mengukuhkan diri sebagai 5 finalis akhir.

Tim Lemon Chiffon hadir dengan ide yang bertajuk “STEP” yaitu konversi energi mekanis dari langkah kaki dan gaya tekan dari kendaraan menjadi energi listrik siap pakai yang dapat diterapkan di jalan raya, zebra cross, maupun area dengan banyak pejalan kaki.

Sementara konsep “Bogie Power” dari Tim Traveller mengusulkan instalasi peralatan untuk konversi energi dari putaran roda kereta api jarak jauh menjadi listrik siap pakai sebagai upaya pengurangan polusi udara dan suara dari adanya gerbong pembangkit di rangkaian kereta jarak jauh.

Tim Traveller meraih predikat pemenang kedua dan Tim Lemon Chiffon berhasil meraih gelar juara nasional, mengikuti kesuksesan perwakilan UI di tahun sebelumya.

Selanjutnya, Tim Lemon Chiffon akan kembali berkompetisi di tahap regional Asia-Pasifik yang akan digelar di 11 Juli 2017 mendatang sebelum dapat melanjutkan langkah ke tahap global yang akan diselenggarakan di Paris, Oktober 2017.

Sumber: http://www.ui.ac.id/berita/ui-teruskan-budaya-kemenangan-di-ajang-schneider-go-green-in-the-city.html