Tim Nusantara Consulting Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) berhasil meraih gelar juara pertama dalam ajang Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) Southeast Asia Business Challenge 2017.

Tim Nusantara UI terdiri dari mahasiswa jurusan Ilmu Akuntansi FEB UI yaitu Ivan Sabastian, Karunia Muliani, Faris Nahar, Ivan sanders, Gina Rusdina, dan Jordan Simatupang.

Mereka berhasil mengalahkan 10 tim lainnya yang berasal dari berbagai universitas unggulan negara di Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, ataupun Malaysia.

Menurut Jordan, ketua tim Nusantara, kunci kemenangan mereka adalah karena mereka teliti membaca soal yang diberikan.

“Dari 3 soal yang diberikan, hanya 1 yang berupa pertanyaan langsung, sisanya berupa pernyataan yang menyatakan pertanyaan tersirat. Nah, tim lain sepertinya tidak menyadari hal ini,” ungkap Jordan.

Selain itu, menurut Jordan kemenangan mereka juga karena adanya dukungan dari pihak jurusan.

Sebelum berangkat, tim Nusantara telah mendapatkan pelatihan-pelatihan oleh para dosen jurusan sebanyak dua kali.

Atas kemenangan mereka, seluruh anggota tim mendapatkan paket perjalanan wisata ke London dengan biaya yang sepenuhnya ditanggung oleh ICAEW.

ICAEW adalah organisasi konsultan akuntan terkemuka di dunia yang berkantor pusat di London dengan kantor cabang di seluruh dunia, termasuk Kuala Lumpur, Singapura, Vietnam dan Indonesia.

ICAEW Business Challenge 2017 adalah kompetisi tahunan yang diadakan oleh ICAEW dengan tujuan untuk melahirkan generasi-generasi pemuda yang inovatif dan kreatif.

Dalam ICAEW Business Challenge, tiap tim akan diberikan studi-studi kasus yang menantang mereka untuk dapat berpikir inovatif dan kreatif dalam memecahkan masalah bisnis yang ada.

Untuk itu, daya analisa mereka juga dituntut untuk peka serta mempunyai indera kesadaran komersil yang tajam dalam memecahkan studi kasus yang diberikan.

Dalam kompetisi tingkat Asia Tenggara ini, 11 tim finalis yang terpilih telah memenangkan kompetisi ICAEW Business Challenge di tingkat negara masing-masing yang diadakan antara Maret dan April 2017.

Sumber: www.ui.ac.id