Washington DC, 5 Juli 2017. Tim Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk mengikuti kompetisi 10th International RoboBoat Competition, Daytona Beach, Florida, 19-25 Juni 2017. Roboboat adalah kompetisi robot, yang diselenggarakan oleh The Association for Unmanned Vehicle Systems International (AUVSI) Foundation. AUVSI adalah suatu organisasi non profit yang bertujuan mengembangkan dan mengorganisir program robotik hands-on untuk memotivasi pelajar pada bidang robotic. Kompetisi ini unik dalam hal peserta harus mendesain kapal, termasuk mempresentasikan desainnya, dan kerjasama antar peserta lomba (walaupun mereka pada saat yang sama sedang berkompetisi). Dari diskusi dengan para mahasiswa yang mengikuti lomba, menuju kompetisi di AS mereka harus melalui proses seleksi bertingkat yang panjang, bekerja dalam tim multidisiplin, dan selama proses tersebut memperoleh berbagai soft skill yang sangat bermanfaat pada dunia kerja.

Pada tahun 2017 ini, Tim ITS yang dikenal dengan Tim Barunastra meraih tempat ke-IV pada ajang internasional ini. Lomba tahun ini unik karena finalnya bertepatan dengan pelaksanaan Sholat Ied. Akan tetapi karena pada saat kualifikasi tim ITS mempunyai nilai yang sangat bagus, mereka mendapatkan hak untuk memilih waktu final terlebih dahulu. Tim ITS memilih waktu setelah pelaksanaan sholat Ied. Kapal Tim ITS mengalami kerusakan komponen yang tidak mungkin diperbaiki dalam final lomba tersebut, sehingga Tim ITS harus puas berada di posisi ke-IV dan mendapatkan hadiah uang sebesar US$ 3,000.00. Walaupun hasilnya tidak sebagus seperti tahun 2016 (tim ITS mendapat tempat ketiga), akan tetapi tim ITS mampu mengalahkan beberapa universitas bergengsi di Amerika Serikat, diantaranya Michigan University, Iowa University dan Embry Riddle University.

img_20170708_204153

Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Ismunandar menyatakan bahwa, KBRI selalu berusah mendukung lomba semacam ini, terlebih mengingat Indonesia adalah negara maritim, kegiatan Roboboat yang unik dan dapat memupuk minat mahasiswa pada bidang maritim. (Atd)