MAKASSAR – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka secara resmi pelaksanaan Ritech Expo ke-22 di Wisma Negara, Center Point of Indonesia, Makassar pada Kamis (10/8).

Pembukaan ini ditandai dengan penarikan pita merah-putih oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Presiden Indonesia Ke-3 B. J. Habibie, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Setelah melakukan penarikan pita, Wapres mendapat penjelasan dari Menristekdikti terkait lini masa perkembangan teknologi di Indonesia sejak 1995 hingga saat ini. Pada kesempatan tersebut, Menristekdikti berharap bahwa pada tahun ini bisa mengembalikan kejayaan teknologi Indonesia melalui penerbangan perdana pesawat N-219 karya PT DI dan LAPAN.

“Kita berharap semoga tahun ini kejayaan teknologi Indonesia dapat bangkit melalui penerbangan N-219”, harap Nasir.

Mengunjungi stand pameran, Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima penjelasan terkait produk-produk inovasi yang dipamerkan dari masing-masing exhibitor, misalnya penjelasan terkait Lapan Surveilance UAV-02 (LSU-02) produk inovasi dr LAPAN.

Mengunjungi booth Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Wapres mendapat penjelasan terkait prototipe material smart magnet Radar Absorbing Material karya BATAN langsung oleh Kepala BATAN.

Di booth Ditjen Inovasi, Wapres mendapat penjelasan terkait kapal nelayan baja berlisensi yang terbuat dari plat-plat baja datar. Kapal ini pula yang diluncurkan oleh wapres pada acara puncak Hakteknas ke-22.

Ritech Expo merupakan gelaran tahunan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk mendiseminasikan hasil riset dan produk-produk inovasi karya anak bangsa.

Gelaran Ritech Expo tahun 2017 diselenggarakan di Area Wisma Negara, Center Point of Indonesia, Makassar pada 10–13 Agustus 2017. Ritech Expo Tahun ini terdiri dari 183 booth dengan jumlah peserta 110 instansi terdiri dari dari 15 unit utama Kemristekdikti, 35 perguruan tinggi, 10 balitbangda, 20 kementerian dan lembaga, 20 industri & BUMN, 10 Asosiasi dan Komunitas.

Pada Ritech Expo saat ini, selain pameran produk-produk inovasi karya anak bangsa juga diselenggarakan berbagai kegiatan menarik antara lain demo produk iptek,seminar iptek, demo sains, temu bisnis, dan lomba foto serta video. (MSF)