Serpong – “Masalah Anda Buntu? Selesaikan di PINTU”, itulah tagline dari Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu (PINTU) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 (02/05) di Puspiptek Serpong, dengan semangat reformasi birokrasi, Kemristekdikti meluncurkan unit layanan baru yaitu PINTU.

PINTU mengintegrasikan layanan publik utama yang ada di Kemristekdikti seperti layanan teknis pendidikan tinggi, layanan perizinan, layanan informasi, dan layanan pengaduan.

Kita sering mendengar keluhan dari masyarakat umum maupun dari pemangku kepentingan mengenai proses pelayanan publik yang masih terkesan lambat dan berbelit-belit. Kedepan keluhan-keluhan seperti ini tidak akan kita dengar lagi karena Kemristekdikti sudah berkomitmen melakukan transformasi pelayanan publik ke arah yang lebih baik dengan mewujudkan PINTU ini.

“Masyarakat membutuhkan berbagai informasi, misalnya tentang beasiswa, itu bisa kita layani dengan lebih cepat dan lebih mudah,” terang Sekretaris Jenderal Kemristekdikti Ainun Na’im pada konferensi pers peringatan Hardiknas 2016.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Bapak Jokowi untuk menyederhakanan proses pelayanan publik. Penyederhanaan dapat dilakukan dengan perbaikan standar pelayanan di masing-masing unit teknis serta didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang layak dan memadai, lokasi yang strategis dan mudah dicapai serta pengaturan tempat-tempat pelayanan yang tertata rapi dan terstruktur.

Undang-undang No. 25 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 97 Tahun 2014 juga menekankan perlunya membentuk unit pelayanan terpadu yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan publik yang transparan, efisien, dan tepat waktu.

Layanan PINTU ini akan menerapkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi mulai dari sistem call center hingga help desk yang dapat melayani masyarakat secara online. Pengguna layanan yang datang dapat langsung menuju layanan tatap muka di PINTU. Dalam area PINTU juga pemangku kepentingan akan mendapatkan kenyamanan dengan adanya fasilitas mini library, internet corner, dan lounge yang melengkapi layanan prima yang diberikan petugas PINTU.

Menristekdikti M. Nasir sangat menyambut baik dan mendukung adanya inovasi integrasi pelayanan publik ke dalam satu PINTU ini. Menurutnya hal ini sudah sangat baik sebagai langkah awal perbaikan pelayanan dan perlu mendapat apresiasi bersama.

“Kedepan saya berharap agar layanan PINTU ini dapat makin berkembang mencakup seluruh pelayanan yang ada di Kemenristekdikti,” ujar Menteri Nasir. (flh/bkkp)

Galeri