sbmptnJakarta, 13 April 2015-Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Mohamad Nasir membuka secara resmi pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Gedung Dikti, Senayan.

Setidaknya 74 PTN berpartisipasi dalam SBMPTN. Seleksi ini bertujuan mencari dan menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik. Selain itu juga memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Ujian tertulis  SBMPTN 2015 dapat diikuti lulusan pendidikan menengah (SMA/ MA/ SMK/ MAK) dan sederajat, termasuk Paket C tahun 2013, 2014 dan 2015. Ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

Kemampuan yang diuji adalah penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Informasi lebih lanjut, kunjungi:

http://www.sbmptn.or.id.