JAKARTA – Ribuan pelajar memadati arena World Education Expo Indonesia (WEEI) yang diselenggarakan oleh Agora Exihibitions Indonesia dan MSW Global di Balai Kartini Jakarta pada 8–9 Oktober 2016. Pameran pendidikan internasional ke-5 tersebut digelar dengan cara roadshow di tiga kota besar lain, yakni Bandung (7 Oktober 2016), Medan (10 Oktober 2016) dan Surabaya (12 Oktober 2016).

Pembukaan WEEI 2016 di Jakarta diawali dengan acara Teachers Gathering yang menampilkan para pembicara dari institusi Pendidikan Tinggi berbagai negara, baik dari Asia, Eropa maupun Amerika. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, yang diwakili Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Nada Marsudi, juga diundang tampil sebagai pembicara. Dalam kesempatan tersebut, Nada Marsudi memaparkan tentang perkembangan pendidikan tinggi Indonesia dan kebijakan Kemenristekdikti.

Acara Teachers Gathering ini dimanfaatkan para penyelenggara Pendidikan Tinggi dari berbagai Negara untuk mempromosikan keunggulan pendidikan di Negaranya masing-masing. Dalam acara dialog, perwakilan Pendidikan Tinggi dari Malaysia sempat mengungkapkan kebanggaannya karena lulusan Universitas dari Malaysia kini ada yang menjabat sebagai Menteri yaitu Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir.

Operations Director PT. MSW Global, Anastasya Sri, mengatakan, tujuan pameran pendidikan internasional ke-5 tersebut untuk memberikan informasi tentang Pendidikan Tinggi di tingkat global kepada para pelajar Indonesia yang hendak melanjutkan studi keluar negeri. Pada WEEI 2016 kali ini, pihaknya menghadirkan perwakilan Universitas dari berbagai Negara. “Partisipasi yang mengikuti WEEI 2016 lebih dari 100 exhibitor,” jelas Anastasya.

Dari pengalaman WEEI tahun-tahun sebelumnya, tambah Anastasya Sri, para pelajar Indonesia yang melanjutkan studi keluar negeri, kebanyakan berminat menempuh studi bidang ekonomi. “Para pelajar Indonesia tampaknya banyak yang ingin menjadi pebisnis,” ujarnya.

Dalam kegiatan WEEI 2016 tersebut juga digelar Business Plan Competition dan Talent Competition yang diikuti para pelajar Indonesia dari berbagai kota. (SUT)