Proses evaluasi terhadap kinerja organisasi ini penting dilakukan, karena tanpa evaluasi tidak akan diketahui sampai sejauhmana organisasi tersebut telah efektif melakukan perubahan menuju organisasi berkinerja tinggi. Bisa dikatakan bahwa evaluasi terhadap kinerja organisasi pada hakekatnya adalah sebuah usaha untuk mengetahui “di mana kita nyatanya berada” dan “di mana kita seharusnya berada”. Dari hasil evaluasi bisa diketahui apa kekurangan dalam mewujudkan organisasi berkinerja tinggi dan kemudian dapat dilakukan langkah-langkah intervensi untuk memperbaiki kondisi yang ada. Ketidakjelasan pengukuran kinerja disebabkan diantaranya adalah: strategi tidak dijalankan, tidak memahami rancangan strategis, kinerja operasional tidak berjalan semestinya dan prioritas tidak jelas.

Untuk mengetahui kinerja organisasi, Unit Perencanaan dan Sistem Informasi Politeknik Negeri Pontianak melaksanakan rapat kerja teknik evaluasi dan pengukuran kinerja organisasi 2015.  Salah satu tujuan rapat evaluasi dan pengukuran kinerja organisasi (EPKO) adalah untuk menyamakan persepsi tentang sasaran strategis dan capaian kinerja termasuk di dalamnya memvalidasi data dan informasi yang digunakan dalam evaluasi dan pengukuran kinerja, ujar Kasubag PSI Diah Laksmini Noor, SE selaku Ketua Pelaksana kegiatan. Lebih lanjut dijelaskannya bahwa penyelenggaraan kegiatan EPKO tahun 20015 akan diisi oleh masing-masing Ketua tim EPKO 1, 2 dan 3 yang menyampaikan materi sesuai dengan tugas timnya. Selanjutnya dilakukan tanya jawab dan umpan balik, kemudian diskusi kelompok, perumusan dan persamaan persepsi hasil tim EPKO. Hasil rumusan akan diserahkan kepada Direktur Politeknik Negeri Pontianak sebagai sumbangan pemikiran di dalam memperbaiki dan meningkatkan kinerja Polnep yang akan datang, dengan harapan Polnep menjadi pusat unggulan, pusat standar, pusat inovasi dan kreatifitas yang dicanangkan oleh pimpinan saat ini, ujar Diah mengakhiri laporannya.

Rapat kerja dilaksanakan selama 2 harin (22 Desember s.d 23 Desember 2015) di aula Jurusan Administrasi Bisnis. Peserta para Pembantu Direktur, Ketua Jurusan,Sekretaris Jurusan, Kaprodi, Ketua/Sekretaris Senat, Ka. UPT, Ka. Bengkel, Ka. Laboratorium, Ketua SPI, Ka.P3 AI, WMM, Ka. UPPM, Kasub.Penelitian/QA UPPM, Kasub. PKM/QA UPPM, Ka. UPM, Kasub. Monevin Sarpras, Kasub Daldok, Sekretaris P3AI/QA P3AI, Ka. UKHI, Koordinator Urusan Kantor Internasional, Koord.Urusan SD Internasional, Kominfo, Koord. Urusan Adm. & Pusat Pengembangan Karir, QA Prodi, Pengelola PDD Singkawang & Polewali Mandar,  Pengelola PDD Kapuas Hulu, Pengelola Jurnal Ilmiah dan para Tim EPKO. Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Pontianak Ir.H.M.Toasin Asha, M.Si dalam pengarahannya mengatakan kegiatan seperti ini sangatlah penting untuk diikuti seluruh pimpinan unit kerja, karena masing-masing unit akan mengetahui kekuatan maupun kelemahannya. Banyak hal yang harus diperbaiki dan saya berharap melalui Ratek EPKO, pengukuran kinerja menjadi referensi penyusunan Renstra. Oleh karena itu,  peran aktif peserta selama berlangsungnya kegiatan ini dapat memberikan masukan-masukan, kritikan-kritikan untuk memperbaiki apa yang masih dirasakan kurang, agar di tahun 2016 program berjalan dengan baik. Dan indikator-indikator capaian menjadi acuan untuk melaksanak program tahun 2016, tegasnya. Saya berharap semua unit harus berkerja keras termasuk jurusan dalam meningkatkan akreditasi program studi dan  petakan masing-masing masalah dan usulkan beberapa alternatif solusi untuk mengatasinya, pesan Direktur mengakhiri arahannya.