SOLO – Sejumlah Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menampilkan berbagai macam prototipe kendaraan listrik dalam ajang Pameran “Ritech Expo 2016” Hakteknas ke-21 yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, pada 10-13 Agustus 2016.  Prototipe kendaraan listrik yang dipamerkan tersebut, ada dua jenis kendaraan yang telah dipesan untuk dioperasionalkan di lapangan, yakni;  angkutan kota listrik dan bajaj listrik yang diberi nama Trike.

Agus Purwadi, Koordinator Molina (Mobil Listrik Nasional)-Kendaraan Listrik Nasional Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), mengatakan, Kementerian Pariwisata sudah memesan angkutan kota listrik untuk dioperasionalkan sebagai mobil pariwisata Indonesia. Sedang PT Pos Indonesia memesan 8.000 unit Trika untuk dioperasionalkan sebagai pengantar paket. Kedua jenis kendaraan listrik yang dipesan para pengguna tersebut mampu menarik perhatian para pengunjung Pameran Ritech Expo di Stadion Manahan Solo. Bahkan, para pelajar berebut naik ketika angkutan kota listrik yang dipesan Kementerian Pariwisata menjalani test drive di kawasan Stadion Manahan Solo.

Menurut Agus Purwadi, angkutan kota listrik yang dipesan Kementerian Pariwisata merupakan jenis kendaraan listrik yang dirancang untuk memenuhi layanan transportasi dalam kota. Selain cocok untuk kendaraan wisata, juga layak dioperasikan untuk angkutan penumpang di wilayah perkotaan. Kecepatan maksimumnya sengaja dirancang mencapai 70km/jam. “Jika ada lampu merah, otomatis mesin tidak berkerja. Sehingga kalau dioperasionalkan, sangat hemat energi dan biaya perawatan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang memakai BBM,” papar Agus  dari Institut Teknologi Bandung.

Penghematan serupa, kata Agus, juga terdapat  dalam Trike yang dipesan oleh PT Pos Indonesia. Sebab, dalam kendaraan listrik ini, para pengguna tidak perlu pusing menyiapkan anggaran pembelian oli dan BBM. Rencananya, PT Pos Indonesia akan mengganti armada pengangkutnya dengan Trike bertenaga listrik. “Ada 8.000 unit Trike yang telah dipesan PT Pos Indonesia,” papar Agus. (dzi/sut)