JAKARTA – Teknologi robotika telah menjangkau sisi penting pendidikan masyarakat. Sayangnya, perkembangan teknologi robotika di Indonesia dinilai masih sangat minim. Karena itu, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar Kompetisi Robot Nasional (KRON) 2016 di PP IPTEK Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, pada Minggu (16/10).

Kompetisi yang digelar bersama Robotic Organizing Commite Indonesia (ROCI) itu diikuti 550 pelajar (TK, SD, SMP, SMA) dari berbagai daerah dengan memperlombakan 12 kategori . Pemenang dari KRON 2016 akan mewakili  Indonesia dalam ajang Asian Junior Robocup (AJR) 2016 di Malaysia pada 12-14 November 2016 mendatang.

Kompetisi ini diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti dan pengurus ROCI . Pejabat yang tampak hadir antara lain adalah Direktur Jenderal Penguatan Inovasi (Dirjen PI) Jumain Appe, Direktur Sistem Inovasi Ophirtus Sumule, dan Zulfan Adrinaldi (selaku penyelenggara dari PP IPTEK).

Zulfan Adrinaldi mengatakan, dalam event ini  PP-IPTEK Kemenristekdikti dan ROCI ingin memperkenalkan teknologi robot untuk menambah wawasan generasi muda sejak usia dini.  Selain bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa-siswa dalam menghasilkan karya khususnya di bidang teknologi dan robotik, kompetisi ini juga bertujuan untuk melatih siswa dalam berpikir dengan logikanya.

“Dengan demikian diharapkan generasi muda dapat mengikuti perkembangan teknologi robotika karena tidak hanya diasah kreatifitas dan logika saja, melainkan kemampuan teknis, komunikasi dengan seseorang, dan bekerja sama dengan tim,“ jelas Zulfan.

Usai acara pembukaan, para peserta tampak antusias mengikuti kompetisi. Para guru sekolah juga ikut hadir mendampingi siswa-siswi sekolahnya masing-masing.  Kategori yang diperlombakan dalam KRON 2016 antara lain adalah Brick speed, Push Push/Sumo Robot, Animation Robotic, Volley Sport, 2 on 2 Soccer, Maze Solving, Aerial Robot, Robot Creative, Kinder Mission, Robot Theatre, Humanoid, dan Line Racing.

Jenis robot yang ditampilkan dalam kompetisi ini bermacam-macam. Ada robot humanoid, ada robot untuk adu cepat, ada pula robot terbang semacam drone. Untuk robot kreatif terdapat unsur manfaat bagi manusia, antara lain robot untuk penanggulangan banjir maupun robot untuk sistem parkir kendaraan. (SUT)