Makassar-Berbagai persiapan pameran Research, Innovation, Technology atau Ritech Expo tahun 2017 Kemenristekdikti mulai menggeliat dalam rangka menyambut peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 di Makassar, Sulawesi Selatan pada 10 Agustus 2017 mendatang.

Tim pameran Ritech Expo 2017 yang dipimpin Kepala Bagian Publikasi dan Dokumentasi Kemenristekdikti, Wawan Bayu, telah melihat proses persiapan tempat digelarnya Ritech Expo 2017 di Gedung Wisma Negara, kawasan Centre Point of Indonesia (CPI), Kamis (13/7).

“Sampai saat ini baru mencapai 80% dari penyiapan lahan di kawasan Gedung Wisma Negara, dan masih dibutuhkan beberapa tahapan lagi untuk mencapai 100%, karena tenda untuk pameran Ritech Expo diperlukan stabilitas dari dasar tenda agar tidak menyebabkan tenda itu bisa runtuh,” ujar Wawan disela-sela peninjauannya.

Dirinya menargetkan sampai dengan tanggal 3 Agustus 2017, diharapkan persiapan Ritech Expo 2017 dalam rangka peringatan Hakteknas bisa segera rampung.

Adapun perbedaan Ritech Expo tahun lalu dengan sekarang adalah pada tema yang diangkat, tema tahun ini adalah maritim berbasis pengetahuan yang akan di isi beberapa materi tentang kemaritiman, dimana materi tersebut diharapkan akan mendukung unsur kelautan serta kemajuan maritim di Indonesia yang berbasis pada Riset, Teknologi, dan Inovasi.

“Saya yakin dengan terselenggaranya pameran Ritech Expo 2017 ini, nantinya dapat mendorong semangat anak bangsa untuk memajukan Iptek dan inovasi yang mampu bersaing dan berkualitas,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan sejauh ini pameran Ritech Expo 2017 dalam rangka peringatan Hakteknas ke-22 telah berkoordinasi dengan baik antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kota meliputi; Kementerian Koordinatior Bidang Kemaritiman RI (Kemenkomaritim), Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dibawah koordinasi Kemenristekdikti (BPPT, BATAN, BAPETEN, LIPI, LAPAN, BSN) serta Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Saya berharap dukungan-dukungan dari Pemprov Sulawesi Selatan dan Pemkot Makassar dapat membantu kelancaran dan kemeriahan pameran Ritech Expo 2017 dalam rangka peringatan Hakteknas ke-22 di Gedung Wisma Negara, kawasan Centre Point of Indonesia (CPI),” urainya. (ard)