Washington DC 17 April 2017. Perayaan Hari Film Nasional di Amerika Serikat dilakukan dengan pemutaran film-film nasional di beberapa tempat. KJRI New York bekerjasama dengan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) pada tanggal 25 Maret 2017, pukul 2-5 sore di Auditorium NYU Global Spiritual Life, New York 10012 mengadakan pemutaran film pendek Return to Jakarta (Balik Jakarta) dan On the Origin of Fear, serta film panjang The Crescent Moon (Mencari Hilal). Kegiatan ini dimotori oleh Indonesia Film Forum New York (IFF NY) dan dihadiri 200-an warga New York. Penting dicatat, secara periodik Indonesia Film Forum NY telah melakukan pemutaran film Indonesia bagi warga NY.

atd-2

KJRI Los Angeles yang pada tanggal 30 Maret 2017, menayangkan di Youtube film produksi in house mereka LA’s Gateway to Indonesia. Hanya dalam 3 hari tayangan film ini sudah mendapatkan lebih dari 11,000 views di situs berbagi video.  KBRI Washington DC bekerjasama dengan Indonesian Corner di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies (JHU SAIS) pada tanggal 13 April 2017, mengadakan pemutaran film Cahaya dari Timur (Beta Maluku). Acara ini dihadiri sekitar 100 warga DC, umumnya mahasiswa dan dosen di JHU SAIS.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Ismunandar, menyatakan bahwa, pada umumnya publik Amerika Serikat mengapresiasi kekuatan cerita film-film Indonesia yang ditayangkan serta menikmati pemandangan dan musik yang ada di film. Semoga film-film Indonesia semakin dikenal di AS. (Atd)

atd-3