Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kementerian Ristek dan Dikti) mengadakan kegiatan Peragaan Iptek Keliling (PIK) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Kegiatan dilaksanakan di gedung perpustakaan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada Selasa, 28 April 2015 dan acara dibuka oleh Bupati Tanjung Jabung Timur H. Zumi Zola Zulkifli. Dalam kesempatan tersebut turut hadir Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur H. Ambo Tang, Kepala Kantor Perpustakaan, Dokumentasi, Arsip dan Pengolahan Data selaku ketua pelaksana kegiatan peragaan iptek keliling Desita Aliana, Asdep Iptek Masyarakat Ahmad Dading Gunadi, Direktur PP-IPTEK Ari Hendrarto Saleh beserta tim, Penasehat PP-IPTEK Vemmie D. Koswara, para pelaku SKPD, para guru dan pembimbing, serta siswa siswi SMP dan SMA.

DalamĀ  sambutannya, Asdep Iptek Masyarakat menyampaikan bahwa peragaan iptek yang dilakukan oleh PP-IPTEK, Kementerian Ristek dan Dikti dilaksanakan sebagai sebuah rangkaian persiapan pendirian science center di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, “Peragaan iptek kali ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Provinsi Jambi dan nantinya science center di Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan science center pertama di Provinsi Jambi,” ujar Ahmad Dading.

Sementara itu H. Zumi Zola Zulkifli selaku Bupati Tanjung Jabung Timur dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya atas pelaksanaan peragaan iptek karena kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur khususnya para pelajar, untuk itu Bupati Tanjung Jabung Timur tidak lupa mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap Kementerian Ristek dan Dikti yang telah memilih Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebagai mitra dalam mewujudkan cita-cita untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pendirian pusat peragaan iptek daerah. Lebih lanjut Bupati Tanjung Jabung Timur menyatakan bahwa setelah peragaan iptek ini, akan ada satu tahapan lagi yang harus dilakukan yaitu pelaksanaan soft launching yang diharapkan dapat dilaksanakan pada akhir Mei atau awal Juni sehingga kedepannya Kabupaten Tanjung Jabung Timur akan mempunyai sebuah science center. Pendirian puspa iptek atau science center di kabupaten Tanjung Jabung Timur diharapkan dapat memicu kreatifitas masyarakat Tanjung Jabung Timur dan dapat menjadikan masyarakat Tanjung Jabung Timur menjadi orang-orang hebat yang mengerti iptek. Hal ini sesuai dengan misi Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk meningkatkan SDM yang berkualitas dan berbasis teknologi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Perpustakaan, Dokumentasi Arsip dan Pengelolaan Data Kabupaten Tanjung Jabung Timur menghadirkan 30 alat peraga iptek interaktif yang langsung didatangkan dari PP-IPTEK, Kementerian Ristek dan Dikti, Jakarta. “Kedepannya Sabak Science Center akan diberikan 1 kluster alat peraga bertema energi oleh PP-IPTEK, Kementerian Ristek dan Dikti sebagai pemancing agar Kabupaten Tanjung Jabung Timur dapat melakukan pengadaan alat peraga lainnya demi mengisi ruang peraga di gedung perpustakaan,” ungkap Direktur PP-IPTEK. Lebih lanjut Asdep Iptek Masyarakat menyatakan bahwa daerah memiliki cukup anggaran untuk membeli alat peraga, termasuk mungkin diperoleh dari CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Harapan besarnya kehadiran peragaan iptek ini akan menjadikan siswa siswi lebih antusias membuat terobosan baru alat peraga.

Sebelum pelaksanaan kegiatan iptek keliling, pada 27 April 2015, PP-IPTEK, Kementerian Ristek dan DiktiĀ  telah melakukan pelatihan kepada pemandu dan teknisi lokal yang kedepannya diharapkan mampu untuk menjelaskan kepada para pengunjung Sabak Science Center serta mampu untuk memelihara alat peraga yang saat ini berada di gedung perpustakaan. Terdapat 7 orang pemandu dan 3 orang teknisi yang dilatih dibawah koordinasi Ibrahim Yusuf dari PP-IPTEK, Kementerian Ristek dan Dikti.

Bicara science center di Provinsi Jambi saat ini hanya ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, untuk itu perlunya komitmen semua pihak seperti yang sudah tertuang dalam SK pengelolaan Sabak Science Center yang telah ditandatangani oleh Bupati Tanjung Jabung Timur. Semoga akan semakin banyak lagi daerah yang berminat untuk mendirikan pusat peragaan iptek daerah. Peragaan iptek keliling itu sendiri akan berlangsung hingga 2 Mei 2015. Sampai jumpa di soft launching Sabak Science Center.(pp-iptek/humasristek)