Pada Senin, 14 April 2015, bertempat di Ruang Sidang Kantor Dikti Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir melantik Rektor dan Direktur Politeknik Negeri yaitu: Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS  sebagai Rektor Universitas  Sebelas Maret; Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA sebagai Rektor Universitas Tanjung Pura; Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.ES, Ph.D.  Sebagai  Institut Sepuluh November; Prof. Dr.dr. Med. Tri Manggono Achmad sebagai Rektor Universitas Padjajaran; I Nyoman Jamed, M.Pd. sebagai Rektor Universitas Ganesha; Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. sebagai Rektor Universitas Diponegoro; Dr. Onesimus Sahuleka, S.H., M.Hum. sebagai Rektor  Universitas Cendrawasih; serta  Ir. Nahar, M.T. sebagai Direktur Poltek Negeri Lhokseumawe.

Dalam sambutannya, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir mengatakan agar pejabat yang dilantik dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Terlebih dalam waktu dekat semakin besar tantangan dalam menghadapi Asean Economy Community (AEC).

“Masih ada tantangan dimasa depan yang lebih berat lagi. Tantangan itu antara lain, jumlah publikasi ilmiah perguruan tinggi di Indonesia kalah dibandingkan negara lain. Untuk itu bagaimana kita meningkatkan publikasi dan riset agar bersaing di kelas dunia,” ujar M Nasir.

Lebih lanjut, Menristekdikti mengatakan tantangan berikut yang dihadapi para rektor baru tersebut bagaimana riset-riset yang dilakukan di perguruan tinggi selain bisa meningkatkan jumlahnya, juga lebih berkualitas dan bisa dihilirkanke  dunia usaha.

Acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemeneterian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ainun Naim; Deputi Sumber Daya Iptek, Muhamad Dimyati; Staf Ahli Menrsitekdikti Bidang Pangan dan PErtanian, Benyamin Lakitan; Staf Ahli Menrsitekdikti Bidang Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Transportasi, I Wayan Budiastra; Asisten Deputi Bidang Sumber Daya Iptek, Andika Fajar; Sekretariat Jenderal Pendidikan Tinggi, Patdono Suwigno; Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dijen Dikti, Illah Sailah.

Setelah acara pelantikan kemudian Menristekdikti melanjutkan acara peresmian pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SBMPTN). (md/humasristek)