Pada Kamis 16 April 2015 diadakan acara Panen Kedelai Varietas Rajabasa di kebun contoh (demplot) dalam Program “Polisi Peduli Ketahanan Pangan” di Kecamatan Liang Angga, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kapolres Banjarbaru AKBP Harun Yuni Aprin dengan mengundang Kemenristekdikti untuk  pendampingan teknologinya.

Lahan yang digunakan untuk demplot ini adalah lahan bukaan baru yang sebelumnya  merupakan tanah rawa, kemudian diolah dan didampingi oleh Kemenristekdikti. Lalu Polres Banjarbaru bersama Kemenristekdikti membuat demplot kedelai varietas Mutiara 1 dan Rajabasa, hasil penelitian BATAN. Panen dilaksanakan secara simbolis oleh Kapolres Banjarbaru, Walikota Banjarbaru Bapak M. Ruzaidin Noor, Ketua DPRD Banjarbaru Bapak AR. Iwansyah, Kepala Bidang Pemetaan Iptek Masyarakat Bapak Syachrial Annas selaku perwakilan dari Kemenristekdikti, lurah Landasan Ulin Utara, dan perwakilan dari Kelompok Tani Karya Bersama.

Berdasarkan hasil panen, dapat dilihat bahwa potensi hasil panen adalah 2 ton/hektar. Melihat potensi hasil panen yang begitu banyak, Walikota Banjarbaru dalam sambutannya menyampaikan bahwa lahan ini akan diperluas hingga wilayah ini menjadi sentra produksi kedelai di Kalimantan dan harapannya adalah tidak diperlukan kembali mengambil kedelai dari pulau lain. (flh/humasristek)