Dalam rangka memperkuat upaya hilirisasi produk riset ke industri, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mempromosikan pencapaian hasil-hasil inovasi teknologi dari lembaga penelitian dan pengembangan serta perguruan tinggi kepada dunia usaha dan masyarakat melalui acara “National Innovation Forum” (NIF) 2015 yang diselenggarakan pada hari Senin, 13 April 2015 di Graha Widya Bhakti, Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

Dalam pidatonya, Menristekdikti Bapak M Nasir mengatakan bahwa kegiatan NIF 2015 bertujuan untuk membangun komunikasi dan interaksi antara pelaku penelitian, dunia usaha, pengguna dan masyarakat serta pembuat kebijakan. Dari interaksi yang terjadi diharapkan dapat diketahui peran serta masing-masing aktor inovasi dalam rangka mempercepat komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan. Selain itu, Menristekdikti juga berharap agar acara ini dapat menjadi titik tolak peningkatan kepercayaan dunia usaha/industri atas hasil litbang dan perguruan tinggi dalam negeri karya anak bangsa sendiri.

Dalam kesempatan ini, Menristekdikti untuk pertama kalinya memperkenalkan logo baru Kemenristekdikti dan  sekaligus me-launching dimulainya rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-20 yang puncaknya akan diperingati pada 10 Agustus 2015. Disampaikan juga bahwa NIF 2015 ini juga merupakan bagian dari rangkaian Hakteknas ke-20 tersebut.

Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi bersama Menristekdikti dalam kegiatan ini menyaksikan langsung penandatanganan beberapa Memorandum of Understanding tentang pemanfaatan teknologi antara sektor akademik dengan sektor swasta yang terbagi dalam tujuh bidang fokus sesuai RPJM 2015-2019, yaitu pangan, energi, kesehatan dan obat, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, pertahanan dan keamanan, serta material maju.

Dalam sambutannya, Presiden RI mengatakan bahwa kerjasama yang konkret dan kolaborasi yang jelas antara peneliti, dunia usaha, dan perguruan tinggi dapat memberikan perwujudan yang jelas dan menghasilkan berbagai produk yang bermanfaat bagi rakyat.

Presiden RI dan Menristekdikti dan para tamu undangan berkenan meninjau pameran National Innovation Expo yang menampilkan produk-produk inovasi unggulan yang sudah siap untuk dikomersialisasikan oleh sektor swasta. Presiden RI dan Menristekdikti juga berkeliling meninjau kawasan Puspiptek, diantaranya mengunjungi Ruang Kendali Utama dan Teras Reaktor Nuklir BATAN, serta melihat demonstrasi Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) Alap-Alap yang dikembangkan oleh BPPT.

Turut hadir dalam acara ini adalah beberapa Menteri Kabinet Kerja, BJ Habibie, para Duta Besar, Gubernur Banten, para Kepala LPNK, Walikota Tangsel, seluruh jajaran TNI-Polri, para Pimpinan Perguruan Tinggi, para pimpinan Industri, para peneliti, dan para pejabat Kemenristekdikti. (flh/humasristek)