Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan PT Pembangunan Perumahan (PP) Persero Tbk. dalam rangka memeriahkan Family Gathering HUT ke-62 PT PP Cabang IV Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal 12 September 2015 di Ciater Highland Resort.

Kegiatan yang diadakan PP-IPTEK adalah Peragaan Iptek Keliling (PIK) dan Sanggar Kerja (Sangker) Sains yang melibatkan 3.000 peserta yang merupakan keluarga dari  karyawan PT PP cabang IV. Persiapan PIK dan Sangker antara lain setting dan instalasi yang dilaksanakan sehari sebelumnya. PP-IPTEK melakukan setting alat peraga sebanyak 30 unit serta materi sanggar kerja sains di lokasi.

 Acara Family Gathering HUT PT PP Persero Tbk. dibuka oleh Barlin Wisnu Aji yang merupakan kepala cabang IV PT PP Persero Tbk. Provinsi Jawa Barat. Sebagai simbolis pada acara pembukaan ditampilkan peluncuran 2 unit roket air yang diluncurkan oleh dua orang perwakilan anak dari peserta family gathering. Acara dilanjutkan oleh pertunjukan Sains Show Spectacular oleh dua orang pemandu PP-IPTEK di panggung utama yang menampilkan atraksi sains yang spektakuler dengan nitrogen cair. Antusiasme peserta cukup baik terutama dari anak-anak sehingga anak-anak dipusatkan di dekat panggung.

Acara kemudian difokuskan di stand PP-IPTEK yang lokasinya tidak jauh dari panggung utama. Terdapat kegiatan paralel yang disajikan oleh PP-IPTEK antara lain peragaan iptek keliling, kegiatan peluncuran roket air, serta kegiatan sanggar kerja sains.

Kegiatan PIK menyajikan 30 unit alat peraga baik yang berbasis matematika, kelistrikan, magnetisme, optik, mekanika, serta fluida. Kegiatan PIK ini difasilitasi oleh empat orang fasilitator/pemandu. Alat peraga favorit bagi pengujung antara lain Generator Van De Graff, Tornado Air, Halilintar, dan Kaleidoskop. Paralel dengan kegiatan PIK diselingi juga dengan aktivitas peluncuran roket air.

Kegiatan sanggar kerja sains menampilkan creativity craft dan hasil karyanya dapat dibawa pulang oleh peserta. Kegiatan Sanggar Kerja Sains diikuti oleh sekitar 500 peserta yang terbagi ke dalam kategori TK-SD sebanyak 300 orang dan kategori SMP-SMA sebanyak 200 orang. Kategori TK-SD menampilkan craft creativity dengan judul Topeng dan Tangga Nada. Kategori SMP-SMA menampilkan craft creativity dengan judul Fun Glider.

 “Suka sama alat peraga Van De Graff bisa buat rambut berdiri,” ucap salah satu anak yang berkunjung ke stand PP-IPTEK.

“Kegiatan ini bagus dan bermanfaat bagi anak-anak,” ungkap salah satu orang tua yang senang melihat anaknya dapat belajar banyak di stand PP-IPTEK.
Seluruh kegiatan acara PIK dan Sanggar Kerja Sains berjalan lancar tanpa ada kendala, serta para pengunjung merasa puas dan senang dengan kegiatan yang disajikan. (pp-iptek/bkskpristekdikti)