Sebanyak 82 siswa berprestasi tingkat SMP di beberapa wilayah Indonesia terpilih menjadi perwakilan masing-masing wilayah dalam mengikuti ajang kompetisi Peneliti Muda 2015. Kegiatan Peneliti Muda 2015  diselenggarakan atas inisiasi Pusat Peragaan Iptek  (PP-IPTEK) sebagai wahana pembelajaran iptek interaktif di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti)  bersama-sama dengan Asosiasi Science Center Indonesia (ASCI) dalam mewujudkan generasi muda Indonesia melek iptek yang juga kreatif dan inovatif. Kegiatan Peneliti Muda yang diselenggarakan atas kerjasama PP-IPTEK dengan Graha Teknologi Sriwijaya sebagai science center di Sumatera Selatan dilakukan selama 4 hari, dimulai tanggal 1-4 September 2015 di Wisma Atlet, Jakabaring Palembang-Sumatera Selatan dengan mengusung tema besar “Menumbuhkan Inovatif untuk Daya Saing Bangsa”.

Kegiatan ini diikuti oleh 27 tim yang seluruhnya berjumlah 82 siswa dari beberapa wilayah Science Center yang sudah eksis di Indonesia seperti Sumatera Selatan, DI Yogyakarta, Semarang, Bandung, dan Jakarta. Banyak kegiatan yang diikuti oleh para calon peneliti muda ini sejak acara dibuka tanggal 1 September 2015 oleh Direktur Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya, Kemenristek Dikti, Lukito Hasta.

Pembukaan kegiatan Peneliti Muda dilakukan pada hari Selasa, 1 September 2015 di Hall Wisma Atlet, Jakabaring, Palembang bersamaan dengan pembukaan Kongres ASCI ke-2. Pembukaan yang dimulai dengan tarian Gendang Sriwijaya membuat para peserta kegiatan Peneliti Muda dan tamu undangan yang hadir lainnya terhanyut dalam alunan lagu dan gerak yang dibawakan oleh para penari profesional. Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Graha Teknologi Sriwijaya Muhammad Taufik, Ketua Asosiasi Science Center Indonesia Ari Hendrarto Saleh, dan sambutan Direktur Kawasan Sains dan Teknologi, serta Lembaga Penunjang Lainnya, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Lukito Hasta sekaligus membuka kegiatan Peneliti Muda dan Kongres ASCI ke-2.

Lukito Hasta dalam sambutannya menyampaikan bahwa beberapa ciri negara maju yang berbasis inovasi adalah mempunyai tingkat produktivitas yang tinggi dan pelayanan yang terintegrasi dan efektif, namun tetap peduli dengan pelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Daya saing bangsa pada gilirannya dapat mengantarkan bangsa Indonesia menuju kesejahteraan dan yang lebih penting mengangkat harga diri bangsa dan kedaulatan bangsa. Apa yang disampaikan oleh Lukito Hasta sangat sesuai dengan tema besar yang diusung pada kegiatan Peneliti Muda ini, yakni Menumbuhkan Inovasi untuk Daya Saing Bangsa. Beliau juga menyampaikan dan berharap kegiatan Peneliti Muda ini dapat menginspirasi dan memotivasi pola pikir yang kreatif dan inovatif yang kemudian akan berkontribusi bagi pembangunan iptek bangsa.

Dengan mengusung tema besar tersebut, para calon peneliti muda mengikuti berbagai macam pelatihan dalam bidang Iptek dan melakukan kunjungan-kunjungan ke berbagai lembaga Iptek yang ada di Palembang sesuai topik yang telah ditentukan, yakni Energi Terbarukan, Pangan, dan Lingkungan. Pada pelatihan–pelatihan tersebut peserta diajak dalam menuangkan ide kreatifnya dalam membuat beberapa karya seperti alat penjernih air, kendaraan bebas polusi, dan membuat sajian makanan yang menarik. Sebelum para peserta merancang karya-karya tersebut, mereka harus melakukan pengamatan dan pengujian terlebih dahulu terhadap bahan-bahan dan proses yang dihasilkan dari suatu percobaan.

Pada keesokan harinya peserta melakukan kunjungan ke beberapa lembaga teknologi yang ada di Palembang, seperti PT. Semen Baturaja, PT. Indofood, dan industri rumah Pem Pek Rizky. Pada kunjungan tersebut peserta mendapatkan pencerahan dan tambahan pengetahuan tentang teknologi dan bahan baku yang digunakan oleh para pelaku industri dalam menciptakan suatu produk yang mempunyai nilai jual dan diterima di pasaran. Kunjungan tersebut juga memberikan inspirasi dan ide para peserta dalam menghadapi kompetisi yang dilakukan pada hari berikutnya, yakni presentasi desain projek melalui metode ilmiah, dimana masing-masing tim membuat suatu projek penelitian yang akan dipresentasikan di hadapan para dewan juri.
Dewan juri pada kegiatan Peneliti Muda ini berasal dari beberapa lembaga seperti Universitas Sriwijaya diwakilkan oleh Prof. Dr. H. Zulkifli Dahlan, DEA,  Iwan Setia Budi, SKM, M.Kes, Dr. Ir. H. Muhammad Faizal, DEA, juri PP-IPTEK yakni Ihsan Surur, M.Si, JRE Kaligis, M.Sc, dan perwakilan dari Science Center lainnya, yakni Kepala Puspa Iptek Sundial Padalarang, Bandung, Joko Santoso.

Setelah beberapa hari di Palembang para calon peneliti muda mengikuti berbagai rangkaian kegiatan. Tiba saat yang di tunggu-tunggu adalah pengumuman pemenang Peneliti Muda 2015 pada tanggal 4 September 2015 yang diumumkan oleh Direktur Graha Teknologi Sriwijaya, Muhammad Taufiq. Pemenang Peneliti Muda dibagi menjadi beberapa kategori, yakni kategori kelompok Terkreatif, kategori kelompok Terinovatif, kategori kelompok Terfavorit dan kategori Projek Presentasi. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri pemenang Kompetisi Peneliti Muda kategori Projek Presentasi sekaligus Juara Utama diberikan kepada SMPN 5 Yogyakarta sebagai Juara I, SMPN 5 Prabumulih, Palembang sebagai Juara II dan SMPN 2 Semarang sebagai Juara III, SMP Sumbangsih I Jakarta sebagai Juara Harapan I, SMP Talang Ubi Palembang sebagai Juara Harapan II dan SMP Al Irsyad Bandung sebagai Juara Harapan III. Pemenang kelompok Terkreatif diberikan kepada SMPN 17 Palembang untuk medali Emas, SMPN 2 Semarang dan SMP Karang Turi Semarang untuk medali Perak, SMPN 5 Prabumulih untuk medali Perunggu. Pemenang kelompok Terinovatif diberikan kepada SMPN 1 Muara Enim Palembang untuk medali Emas, SMPN 1 Tebing Tinggi Palembang untuk medali Perak, SMPN 21 Semarang, SMPN 2 Semarang dan SMPN 14 Semarang untuk medali Perunggu dan Pemenang kelompok Terfavorit diberikan kepada SMP ITBI Kayuagung, SMPN 1 Kayuagung dan SMPN 6 Kayuagung Palembang untuk medali Emas, SMP Sumbangsih 1 Jakarta untuk medali Perak, dan SMPN 1 Talang Ubi Palembang untuk medali Perunggu.

Selamat kepada para pemenang Peneliti Muda 2015. Sampai jumpa di Peneliti Muda 2016. (ppiptek/bkskpristekdikti)