Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi ke-20 Tahun 2015, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul, Taman Pintar Yogyakarta, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan Laboratorium Badan Informasi Geospasial (BIG) Parang Tritis telah menyelenggarakan kegiatan “Science Camp Nasional” pada tanggal 25—28 Agustus 2015 bertempat di Kawasan Percontohan Sistem Inovasi Daerah Berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) Pantai Baru Pandansimo, Bantul, Yogyakarta.

Science Camp merupakan kegiatan berkemah sambil memahami konsep-konsep dasar sains melalui Science Activity, kunjungan ke berbagai Institusi Litbang dan industri di sekitar Yogyakarta, serta Talkshow Astronomi, dilanjutkan dengan peneropongan bintang beserta benda-benda langit. Semua aktivitis tersebut berpotensi membentuk karakter anak untuk memupuk percaya diri, solidaritas, dan kerjasama dalam memecahkan permasalahan, serta membantu pengembangan bakat dan kreativitas anak. Semua aktivitas dikemas secara santai dan menghibur dalam bentuk-bentuk permainan dan interaktif, tetapi masih dalam koridor keilmiahan.

Kegiatan Science Camp Nasional 2015 diikuti oleh 81 peserta siswa SMP yang datang dari wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, serta siswa SMP binaan Asosiasi Science Center Indonesia (ASCI) dari PP-IPTEK, Taman Pintar Yogyakarta, Solo Science Center, Graha Teknologi Palembang, dan Sundial Padalarang. Kegiatan Science Camp tahun ini mengambil tema “Menumbuhkan Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa”. Para peserta melakukan berbagai kegiatan yang memberikan banyak kesempatan untuk mengeksplorasi sains bersama-sama, serta melakukan kunjungan ke beberapa institusi-institusi pengetahuan yang ada di Yogyakarta.

Sambutan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bantul Tlau Sakti Santosa menyatakan, Pemerintah Kabupaten Bantul merasa bangga dengan diselenggarakannya Science Camp Nasional di Kawasan Pantai Baru Pandansimo yang berbasis EBT. “PP-IPTEK telah mengambil langkah yang pas dan akurat dalam rangka menumbuhkembangkan pembelajaran dan penelitian Iptek. Para peserta bisa mempelajari berbagai kegiatan ilmiah terkait dengan geologi, energi nuklir, energi angin, energi surya, peneropongan bintang, dan lain sebagainya.”

Science Camp Nasional 2015 dibuka secara resmi oleh Direktur PP-IPTEK, Ari Hendrarto Saleh. Dalam sambutannya Direktur PP-IPTEK menyampaikan tujuan kegiatan Science Camp Nasional 2015 untuk meningkatkan kompetensi siswa pada bidang sains sekaligus menumbuhkan kecintaan pada alam dan lingkungannya.

Kegiatan yang bersifat kompetisi ini diawali dengan Science Activity dalam workshop Pesawat, dimana siswa peserta yang terbagi dalam 27 kelompok ditugaskan untuk membuat model pesawat terbang berbahan sterofoam. Malam harinya kegiatan peneropongan benda langit yang banyak menarik perhatian peserta dalam mengamati benda-benda di langit.

Kegiatan selanjutnya, kunjungan ke tempat penangkaran penyu, Laboratorium Geospasial Parang Tritis, Taman Pintar Yogyakarta, BATAN, Industri Batik Kayu, dan PLTH Pandasimo. Dalam acara kunjungan, para peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan pakar. Peserta aktif bertanya, menjawab, dan menyambut tantangan atau percobaan yang ditawarkan kepada para peserta. Rangkaian kegiatan Science Camp Nasional 2015 ditutup dengan kegiatan api unggun yang merupakan ajang penampilan kreatifitas para peserta khususnya dalam bidang seni.

Dalam kegiatan Science Camp Nasional 2015, yang berhasil meraih Juara 1 dalam kategori Pemenang Utama adalah SMPN 1 Depok, Sleman, berikutnya SMPN 5 Yogyakarta meraih Juara 2, SMPN 1 Srandakan Bantul meraih Juara 3, sedangkan Juara Harapan 1, 2, dan 3 masing-masing diraih oleh SMP 1 Pandak Bantul, SMPIT Nur Hidayah Solo, dan SMPN 2 Yogyakarta.

Selain pemenang utama, terdapat pula Pemenang Kategori Kreatif, Inovasi, dan Favorit. Untuk Pemenang Kategori Kreatif, Medali Emas diraih oleh SMPN 5 Yogyakarta, Medali Perak diraih oleh SMPN 1 Depok Sleman, dan Medali Perunggu diraih oleh SMPIT Nur Hidayah Solo. Untuk Kategori Inovasi, Medali Emas diraih oleh SMPN 1 Depok Sleman, Medali Perunggu diraih oleh SMP 1 Pandak Bantul, dan Medali Perunggu diraih oleh SMPN 1 Srandakan Bantul, sedangkan untuk Kategori Favorit, Medali Emas diraih oleh SMPN 2 Srandakan Bantul, Medali Perak diraih oleh SMPN 4 Yogyakarta, dan Medali Perunggu diraih oleh SMPIT Nur Hidayah Solo.
Kegiatan Science Camp Nasional 2015 mendapat respon positif, baik dari seluruh peserta, guru pendamping, serta para pembina dari Science Center Daerah. Diharapkan ke depannya dapat ditingkatkan lagi baik dari segi kualitas penyelenggaraan maupun jumlah peserta. (ppiptek/bkskpristekdikti)