“Kita telah menyaksikan bahwa lembaga ini telah memberikan kontribusi tidak hanya untuk Indonesia tetapi juga dunia”, ucap Sesjen Kemenristekdikti, Ainun Naim pada acara peringatan HUT  Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) ke 57 yang bertemakan “New Spirit New Journey” di Gedung DRN Graha Widya Bhakti, Puspiptek, Tangerang Selatan (10/12).

“Dalam hal manajemen kami melihat, suatu negara akan berhasil bila generasi muda diberdayakan dengan baik dan peran-peran mereka ditingkatkan, hal tersebut kami lihat sudah baik dijalankan oleh BATAN. Sementara secara substantif BATAN tidak boleh ketinggalan dalam hal pengembangan dan publikasi Iptek, yaitu jurnal ilmiahnya harus terindeks, hal ini relevan dengan penggabungan Kementerian Ristek dan Ditjen Dikti, karena nanti BATAN dapat bersinergi dengan Perguruan Tinggi untuk riset bidang nuklir. Kami doakan BATAN selalu sukses dalam mengembangkan energi nuklir yang bermanfaat”, harap Ainun yang mewakili Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kepala BATAN, Djarot Sulistyo Wisnubroto menyampaikan bahwa ide, gagasan dan pelaksanaan peringatan kali ini dilakukan oleh para generasi muda dan prestasi pun sudah dimulai dari mereka. “Kado lebih dari 50 tahun BATAN adalah banyaknya prestasi yang dimiliki BATAN dan prestasi BATAN yang sudah diakui dunia internasional”, ujarnya.

Pada acara tersebut juga diberikan penghargaan BATAN Quality Award kepada unit-unit kerja dalam lingkup BATAN yang dinilai terbaik untuk tahun ini, penghargaan BATAN Pioneer Award yang diberikan kepada personal atau lembaga yang telah mengembangkan tenaga nuklir dan menggunakan tenaga nuklir, serta peluncuran SIMAN (Sistem Informasi Manajemen Arsip Inaktif). (dzi/bkkpristekdikti)