Dalam safari kunjungan Menristekdikti di Papua Barat, M. Nasir menyempatkan diri mengunjungi Kampus 2 Universitas Papua (Unipa) di Sorong pada Sabtu, 22 Agustus 2015. Menristekdikti didampingi Dirjen Belmawa, Intan Ahmad; Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Nada Marsudi, Direktur Sains, Teknologi dan Lembaga, Lukito Hasta Pratopo; dan beberapa pejabat Kemenristekdikti.

Acara berlangsung di halaman kampus yang sementara ini dipakai Fakultas Kedokteran Unipa. Hadir dalam acara tersebut Rektor Unipa, Dr. Onesimus Yoku ; Bupati Sorong, Dr. Stephanus Malak;Bupati Sorong Selatan, Drs. Otto Ihalauw; Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono, M.Si.; Koordinator Kopertis Wilayah XIV untuk Papua dan Papua Barat, para dekan,  dan beberapa para pejabat teras Pemkab Sorong.

Bupati Sorong Selatan, Otto Ihalauw memaparkan kegiatan pembangunan Sains Park di Sorong, keberadaan pabrik sagu terbesar di dunia serta permohonan crash program di bidang peningkatan SDM dalam persiapan pembangunan Kabupaten Sorong. Sementera matan Rektor Unipa, Dr. Suriel Mofu memaparkan profil Kampus 2 Unipa, kegiatan dan rencana pengembangan fakultas-fakultasnya.

Pada sambutannya, Menristekdikti menekankan pentingnya peran putra-putri daerah dalam memajukan Papua, khususnya Papua Barat. Menristekdikti akan memberikan prioritas yang tinggi bagi putra-putri daerah untuk masuk di perguruan tinggi negeri agar dapat menggerakkan ekonomi daerah. ”Putra-Putra daerah akan kita dorong untuk lebih maju lagi karena merekalah yang memiliki cita-cita yang luhur,” ujar M. Nasir.

Dalam kesempatan tersebut, terkait produksi sagu di Sorong, M. Nasir juga menekankan pentingnya memperhitungkan kapastitas produksi dalam perencanaannya agar supply dan demand-nya sesuai. Terkait dengan peternakan di daerah Sorong Selatan yang memiliki lahan pakan ternak yang baik, M. Nasir juga menyampaikan bahwa Kemenristekdikti memiliki teknologi dalam hal breeding sapi unggul dengan teknik IB Sexing yang dapat melahirkan keturunan sapi unggul dengan berat sampai dengan 700 kg/ekor.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan dokumen Rencana Pengembangan Unipa oleh Rektor Unipa dan diakhiri dengan serah terima cenderamata dari kedua belah pihak. (haz/bkskpristekdikti)