Selepas Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-70, Senin 17 Agustus 2015, Menristekdikti M. Nasir melepas keberangkatan mobil surya buatan mahasiswa-mahasiswi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) bernama Widya Wahana V untuk ikut lomba di Australia.

Uji kemampuan mobil tersebut dengan  melakukan touring Jakarta – Bali dimulai dari Gedung Kemenristekdikti di Thamrin.

“Mobil ini akan dibawa jalan dengan jarak sekira 1.200 kilometer dari Jakarta menuju Bali. Mobil ini akan jalan di kondisi jalan dan lalu lintas yang apa adanya,” ujar Muhammad Nur Yuniarto, selaku dosen pembimbing riset mobil suryaWidya Wahana V.

Mobil besutan ITS ini akan menunjukan kemampuannya dalam perlombaan World Solar Challenge (WSC) 2015, di Australia pada Oktober 2015.

“Mobil buatan teman-teman ITS ini juga akan ikut lomba di Australia. Kita Harapkan selama uji coba nasional masalah akan banyak timbul, sehingga kita bisa cari solusi, jadi nanti saat kompetisi semua sudah siap,” lanjutnya.

Mobil Widya Wahana V merupakan kendaraan listrik yang memanfaatkan energi matahari. Sumber tenaganya berasal dari motor listrik berkekuatan 12 x 12 kW dengan menggunakan tenaga baterai Lithium Ion High Capacity 97,2 Volt DC, 15 KwH. (haz-okezone/bkskpristekdikti)