Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT., Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya atas rahmat dan karunia-Nya, kita semua dapat menghadiri pembukaan Ritech tahun 2015 ini.
 

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagian bagi saya dapat hadir dan bertemu dengan saudara-saudara sekalian, para pemangku kepentingan dalam bidang iptek.Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Saudara-Saudara yang mengkuti pameran Ritech expo ini.
 

Saudara-Saudara yang Saya Hormati,
 

Iptek memiliki nilai-nilai strategis dan urgensi dalam membangun peradaban dan kesejahteraan bangsa. Pengalaman dari bangsa-bangsa lain menunjukkan bahwa iptek dapat menjadi tulang punggung dalam membangun peradaban.Oleh karena itu kita sebagai Bangsa Indonesia harus menunjukkan kemampuan dalam bidang iptek.
 

Rangkaian kegiatan dalam peringatan Hakteknas ini diharapkan mampu memberikan inspirasi dan rasa bangga atas keberhasilan putra-putri bangsa Indonesia dengan karya baktinya yang tinggi di bidang iptek.
 

Hakteknas ke-20 tahun 2015 diperingati dengan tema “Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa”, baik di tingkat pemerintah pusat maupun daerah. Tema ini dipilih untuk memicu tumbuhnya inovasi-inovasi yang dapat mengatasi permasalahan kebutuhan pangan, energi dan maritim yang dapat meningkatkan daya saing. Martabat bangsa akan ditunjukkan dengan penguasaan atas iptek dan timbulnya inovasi terus menerus di seluruh lapisan masyarakat.
 

Saudara-Saudara yang Saya hormati, 
Tantangan lain dalam bidang penelitian dan inovasi adalah belum adanya konsep intermediasi antara peneliti dan pembuat kebijakan di bidang lainuntuk menghasilkan infrastruktur iptek yang memadai bagi pengembangan inovasi teknologi. Kekurangan infrastruktur akibat lemahnya sinergi kebijakan, belum berkembangnya budaya iptek di masyarakat dan terbatasnya sumber daya iptek serta rendahnya sumbangan iptek di sektor produksi, merupakan faktor-faktor yang perlu diatasi untuk meningkatkan daya saing nasional.
 

Perguruan tinggi yang diharapkan menjadi sebuah pusat keunggulan (centre of excellence) juga belum berhasil mengarusutamakan penelitian dan pengembangan iptek dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 

Saudara-Saudara yang berbahagia,
Peringatan Hakteknas ke-20 ini juga merupakan ajang penghargaan kepada para peneliti dan perekayasa yang sangat berprestasi dan produktif di bidang iptek. Selain itu juga memberikan penghargaan bagi para aktor Sistem Inovasi Nasional, yaitu untaian ABG, akademisi (academician, A, sebagai penghasil iptek), swasta (business, B, sebagai pengguna iptek) dan pemerintah (government, G, selaku penumbuh iklim inovasi). Para aktor inilah  yang telah berprestasi luar biasa dalam memacu tumbuhnya inovasi.
 

Saudara-Saudara yang Saya hormati, 
Hakteknaske-20 kali ini mengusung tema “Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa (Subtema: Pangan, Energi dan Maritim)”yang pada dasarnya menggaris bawahi peran iptek sebagai salah satu komponen penentu daya saing bangsa.
 

Beberapa ciri negara maju yang berbasis inovasi adalah mempunyai tingkat produktivitas yang tinggi dan pelayanan yang terintegrasi dan efektif, namun tetap peduli dengan pelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Daya saing bangsa pada gilirannya dapat mengantarkan Bangsa Indonesia menuju kesejahteraan dan yang lebih penting mengangkat harga diri bangsa dan kedaulatan bangsa.
 

Saudara-Saudara yang berbahagia,
Peringatan Hakteknas ke-20 ini dilaksanakan oleh seluruh stake holder iptek, termasuk institusi yang berkaitan dengan kegiatan penelitian dan pengembangan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Ditingkat pusat acara dikordinasikan oleh Kementerian Ristekdikti dengan melibatkan lembaga litbang kementerian, lembaga litbang nasional baik pemerintah maupun swasta, serta industri yang berpartisipasi. Hakteknas ini bukan milik pemerintah saja tetapi merupakan gerakan yang bersifat nasional. Untuk itu kepada semua pihak dapat berpartisipasi.
 

Saudara-Saudara yang Saya hormati,
RITech Expo pada tahun 2015, merupakan ajang kreasi para insan iptek yang telah melakukan penelitian dan pengembangan berbagai produk. Hasil-hasil riset ini sengaja ditampilkan kepada masyarakat, sebagai pembuktian bahwa hasil-hasil riset selama ini bermanfaat bagi masyarakat. Pameran ini diikuti oleh berbagai lembaga litbang dari seluruh sisi, yang tercakup dalam ABG (Academic, Business, Government).
 
 
Pameran ini bertempat di lokasi lapangan D Senayan Jakarta yang dekat dengan masyarakat dan merupakan jantung ibukota negara sehingga dapat memberikan wawasan baru mengenai kemajuan teknologi dan peran iptek dalam masyarakat.
 

Saudara-Saudara yang berbahagia,
Akhirnya harapan kami, semoga dengan rangkaian acara dan kegiatan peringatan Hakteknas tahun ini, seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat terlibat, terinspirasi, dan termotivasi untuk berpikir kreatif dan inovatif yang kemudian berkontribusi bagi pembangunan bangsa Indonesia.
 

Wabillahit taufiq walhidayah,
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh
 
 
Jakarta, 7 Agustus  2015
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Prof. Mohamad Nasir