Pembukaan Ritech Expo 2015
Masih dalam rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke- 20, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengadakan pameran hasil-hasil inovasi di bidang iptek bertajuk Ritech Expo 2015.

Keberhasilan putra-putri bangsa dalam menciptakan karya-karya inovasi iptek kali ini dapat disaksikan dalam ajang pameran karya inovasi iptek “Research, Innovation and Technology Expo” (RITECH Expo) 2015 yang merupakan salah satu rangkaian peringatan Hakteknas ke-20. Acara ini diselenggarakan pada 7- 10 Agustus 2015 di lapangan D, Parkir Timur Senayan, Jakarta. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir membuka langsung pameran yang terbuka untuk umum ini pada Jumat, 7 Agustus.

Dalam sambutannya, M. Nasir mengungkapkan, acara ini memamerkan sejumlah teknologi dari anak bangsa yang akan menunjukkan bahwa anak bangsa ternyata mampu berinovasi. Ia juga berharap semua karya ini dapat dimanfaatkan industri Indonesia. “Jika teknologi suatu bangsa tidak maju,  maka martabat bangsa itu dinilai serupa. Oleh karena itu, teknologi harus menjadi perhatian lebih oleh bangsa,”ujar M. Nasir.

Selepas memberi sambutan Menristekdikti meresmikan pembukaan Ritech Expo dengan menabuh drum dan pemotongan pita, kemudian meninjau stand-stand yang ada bersama dengan rombongan. Ritech Expo diikuti 88 instansi dalam 110 stand indoor dan 5 stand outdoor. Instansi yang berpartisipasi antara lain dari litbang kementerian dan lembaga, litbang pemerinttah daerah, litbang perusahaan negara dan swasta,  litbang perguruan tinggi, dan komunitas masyarakat pemerhati iptek.

Sesuai dengan tema besar Hakteknas ke-20 yaitu Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa (sub tema : Pangan, Energi, dan Maritim), maka tand-stand ini terbagi dalam 3 (tiga) zonasi yakni zona pangan, energi, dan maritim. LPNK Kemenristekdi menempati sebuah island tersendiri yang diisi antara lain BATAN, BIG, BPPT, BSN, Eijkman, dan LIPI, sementara Bapeten dan LAPAN masing-masing menempati island tersendiri mengingat benda pamer yang begitu banyak, bahkan BAPETEN memamerkan mobil kedaruratan nuklir di dalam stand-nya.
Selain dapat melihat hasil karya anak bangsa yang dipamerkan, pengunjung pun dapat menikmati wisata edukasi dan games, berbagai hiburan, serta berkesempatan memenangkan smartphone dalam ajang Ritech Selfie Contest.(dr-pkl/bskpristekdikti)