Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQ MN) ke-XIV resmi ditutup oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada Jumat (7/8) malam. Acara penutupan berlangsung di Balairung UI Depok ditandai dengan pembunyian angklung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi didampingi Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Rektor UI, dan Ketua Panitia MTQ MN ke-XIV.

Dalam laporannya, Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ MN ke-XIV Arman Nefi menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ MN telah berjalan dengan baik, lancar, dan penuh rasa ukhuwah. “Terasa sekali suasana ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah insaniyah selama pelaksanaan MTQ MN 2015 ini,” ungkap Arman Nefi. Dalam kesempatan tersebut, Arman Nefi menyampaikan 7 (tujuh) kandidat calon tuan rumah pelaksanaan MTQ MN ke-XV antara lain Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang (mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama), Universitas Tadulako, Universitas Mataram, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Khairun Ternate, dan Universitas Gadjah Mada.

Dalam sambutannya, Menristekdikti Mohamad Nasir menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada UI atas kesuksesan penyelenggaraan MTQ MN ke-XIV. Pada kesempatan tersebut, Mohamad Nasir mengucapkan selamat kepada para pemenang. Selain itu, Mohamad Nasir berpesan kepada seluruh kafilah pentingnya memahami dan memaknai Al-Quran secara menyeluruh untuk mencapai derajat taqwa.

Dalam gelaran MTQ MN ke-XIV ini dilombakan 11 cabang perlombaan yang terdiri dari Tilawatil Quran, Tartili Quran, Qira’at Sab’ah, Hifzhil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Al-Quran, Khaththil Quran, Karya Ilmiah Al-Quran, Debat Kandungan Al-Quran (Bahasa Arab), Debat Kandungan Al-Quran (Bahasa Inggris), dan Desain Aplikasi Komputer Quran. Pada gelaran ini, kafilah Universitas Negeri Malang ditetapkan sebagai Juara Umum MTQ MN ke-XIV.

Pada acara penutupan MTQ MN ke-XIV, para kafilah (peserta) MTQ MN disuguhi berbagai acara menarik, seperti persembahan paduan suara 2500 mahasiswa baru UI, Tari Zapin Gasing, permainan 1001 angklung, dan diakhiri dengan penampilan grup nasyid Snada.(fjr)

Unduh daftar pemenang MTQ MN ke-XIV:

1. SK-JUARA-UMUM-MTQMN-XIV-UI-DEPOK-2015

2. SK-PESERTA-TERBAIK-MTQMN-XIV-UI-DEPOK-2015