Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Nomor 1 tahun 2016 Tentang pengangkatan dan pemberhentian rektor/ketua/direktur pada Perguruan tinggi negeri, Kemenristekdikti menggelar upacara pelantikan dan serah terima jabatan rektor perguruan tinggi negeri dan direktur politeknik negeri, di Auditorium Gedung D, Kemristekdikti (17/05/2016)

Upacara pelantikan dimulai dengan pembacaan keputusan menteri ristekdikti, pengambilan sumpah jabatan, dan pembacaan pernyataan pelantikan kepada rektor dan direktur perguruan tinggi, yaitu Prof. Dr. H. Husain Syam, M.T.P sebagai Rektor Universitas Makassar  (UNM), Prof. Syafsir Akhlus, M.Sc sebagai rector Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Dr. Ir. Jacob Manusawai, M.H sebagai rektor Universitas Papua (Unipa) dan Dr. Ir. Muhamad Ali Yahya, M.Si, sebagai Direktur Politeknik Pertanian Pangkajene Kepulauan. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima jabatan serta pemasangan kalung jabatan yang dilakukan oleh Menristekdikti, M. Nasir.

Dalam sambutannya, M. Nasir menyampaikan harapannya pada rector dan direktur perguruan tinggi yang telah dilantik agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya karena tugas yang diberikan merupakan amanah dan tanggung jawab dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

“tantangan kita di masa yang akan datang jauh lebih berat. Oleh karena itu, mari bekerja dnegan baik, salah satunya adalah tata kelola universitas yang baik. Dimana ciri-cirinya adalah masalah transparansi, jujur, bertanggung jawab, dan bisa dipertanggung jawabkan.”

Apalagi memasuki era kompetisi, lanjutnya, untuk memenangkannya kita harus memiliki kompetensi. Untuk itu, tugas rektor dan direktur kedepan adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di masing-masing kampus, serta mampu mengkoordinasikan sumber daya yang ada.

Upacara pelantikan ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik oleh Menristekdikti, para pejabat dan tamu undangan. (ifa/bkkp)

Galeri