Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir melakukan peninjauan kampus baru Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) di Kecamatan Banggae Timur, Majene, Sulawesi Barat, Minggu (21/8). Kedatangan Menristekdikti yang didampingi Dirjen Sumberdaya Iptek Dikti Ali Ghufron Mukti, dan Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Didin Wahidin, disambut oleh Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Aladin S. Mengga, Rektor Unsulbar Akhsan Djalaluddin, Bupati Majene Fahmi Massiara dan para pejabat daerah lainnya.

Setibanya di Rumah Jabatan Bupati Majene, rombongan Menristekdikti disambut dengan tarian tradisional Majene. Pada acara penyambutan ini, Menteri Nasir beserta jajaran didaulat menunggangi kuda.

Dalam kunjungan tersebut Menristekdikti beserta jajaran meninjau kondisi kampus baru Unsulbar, fasilitas Laboratorium dan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang berada di daerah perbukitan Padha-Padhang, Kelurahan Tande, Kecamatan Banggae Timur.

Bangunan kampus baru Unsulbar yang ditinjau Menristekdikti menempati lahan sekitar 30 hektar. Namun bentuk bangunan kampus masih belum selesai, sehingga belum dapat difungsikan untuk kegiatan perkuliahan. Selain meninjau kampus baru, Menristekikti juga meninjau laboratorium teknologi informasi Unsulbar. Laboratorium teknologi informasi ini terbilang maju karena dilengkapi dengan jaringan listrik bertenaga matahari, serta fasilitas konferensi jarak jauh.

“Saya sangat mengapresiasi terutama laboratorium komputernya sudah baik, saya bisa katakan laboratorium di Unsulbar ini adalah smart laboratory. Ruang lab ini sudah menggunakan konsep green economy dan green energy dengan sumber listrik Solar Cell. Perawatannya juga hal yang harus diperhatikan karena itu penting,” imbuh Nasir.

Menteri Nasir juga menambahkan di era kompetisi ini harus ada lulusan-lulusan dari Perguruan Tinggi yang berkualitas yang mampu bersaing agar tidak memunculkan pengangguran baru pada nantinya.

Sejalan dengan itu Rektor Unsulbar, Akhsan Djalaluddin mengaku sangat senang dengan kedatangan Menristekdikti yang langsung meninjau seluruh fasilitas di kampus baru Unsulbar.

“Di kampus baru ini, Menteri sudah melakukan uji coba video conference untuk kuliah jarak jauh. Ini untuk menunjukkan ke Pemerintah Pusat bahwa kuliah jarak jauh melalui internet sudah bisa kita lakukan di Unsulbar. Kita patut bergembira, karena dari sekian banyak Perguruan Tinggi Negeri baru, Unsulbar termasuk yang diperhatikan Pemerintah Pusat salah satunya dengan kunjungan Menteri kali ini,” jelasnya.

Usai peninjauan lapangan, Menristekdikti menghadiri acara ramah tamah di rumah dinas Bupati Majene dan dijamu dengan aneka kesenian tradisional Majene. (ard/sut)

Galeri