Jambi – Rapat kerja Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X ini merupakan rapat kerja tahunan. Tahun ini, Raker Kopertis Wilayah X dilaksanakan di Jambi (20-22/05) yang dihadiri oleh seluruh Ketua Yayasan dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau, dengan tema “Peningkatan Mutu Berkelanjutan Menuju Akreditasi Unggul”.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir, mengapresiasi Kopertis Wilayah X karena telah melakukan pembinaan terhadap PTS di wilayah kerjanya. “Pembinaan yang dilakukan itu wujudnya adalah untuk meningkatkan mutu terhadap perguruan tinggi swasta di Kopertis X, saat ini sudah banyak PTS yang dulunya akreditasi C menjadi B,” kata Menteri Nasir usai menutup Rapat Kerja Kopertis Wilayah X, Sabtu (21/05).

Nasir juga mengatakan bahwa Kopertis Wilayah telah meningkatkan mutu pendidikan tinggi, terbukti saat ini sudah banyak PTS yang naik akreditasi.

Dalam penutupan Raker Kopertis X yang mengusung tema “peningkatan mutu berkelanjutan menuju akreditasi unggul” itu, Nasir juga mengatakan bahwa pihaknya juga akan mendorong supaya PTS yang tergabung di Kopertis X memiliki akreditasi A, sehingga kualitas PTS dapat bersaing.

“Untuk itu ke depan hingga tahun 2019, saya ingin mendorong supaya PTS di Kopertis X sudah banyak yang berakreditasi A,” ujar Menteri Nasir.

Nasir juga menambahkan bahwa PTS di Kopertis X termasuk baik, rata-rata sudah taat dengan aturan. Semua ingin menuju pada kualitas yang baik, sebab itu harus ada dorongan bersama antara Kementerian dengan stakeholder di perguruan tinggi yang lebih baik. (dwi/BKKP)

Galeri