Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengajak seluruh elemen perguruan tinggi di Sumatera Utara untuk senantiasa menjaga keutuhan NKRI berdasar Pancasila, UUD 1945, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Hal ini disampaikan Mohamad Nasir dihadapan ribuan mahasiswa penerima bidikmisi dan elemen-elemen Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis wilayah I Sumatera Utara di Medan, pada hari Sabtu (20/5), yang bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke–109.
“Kita semua sepakat mempertahankan NKRI berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika”, tegas Mohamad Nasir.
Lebih lanjut Mohamad Nasir menjelaskan bahwa Indonesia adalah bangsa yang multikultur. Di dalamnya hidup berbagai etnis, suku, dan agama.
“Kita tidak mempermasalahkan apa agama kita, apa suku kita, atau bahkan dari etnis mana kita. Kita adalah bagian dari bangsa Indonesia”, ujar Mohamad Nasir.
faee3adb-6707-420b-ba42-cbcca2840e2d
Selain itu, Mohamad Nasir menjelaskan bahwa Indonesia akan memperoleh bonus demografi. Bonus demografi ini menjadikan Indonesia memiliki angkatan kerja yang tinggi. Diproyeksikan pada tahun 2030 angkatan kerja Indonesia mencapai posisi 70% dari jumlah penduduk.
“Ini tantangan kita. Apa kita bisa menyiapkan angkatan kerja yang berkualitas, angkatan kerja yg sesuai dengan kebutuhan industri?” tantang Mohamad Nasir.
Untuk itu Mohamad Nasir mendorong penyiapan angkatan kerja berkualitas melalui peningkatan kualitas pendidikan tinggi sehingga diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas.
“Saya mohon para Rektor selalu berjuang untuk meningkatkan mutu pendidikannya dan meningkatkan mutu mahasiswanya,” pinta Mohamad Nasir.
bc5c4729-20e1-4a47-9ead-fc99a4b4b2c7
Di sisi lain, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menyatakan kesiapannya mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Sumatera Utara. Khusus di bidang penelitian, Tengku Erry Nuradi menegaskan bahwa elemen perguruan tinggi dapat mengakses dana terkait penelitian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.
“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyiapkan dana untuk mahasiswa yang akan melaksanakan penelitian, baik berupa skripsi atau pun thesis melalui Balitbangda,” jelas Tengku Erry Nuradi.
f8a7ae62-0910-4552-9b84-25cd405c588a
SIPATEN
Pada kesempatan yang sama, Menristekdikti Mohamad Nasir didaulat untuk meluncurkan aplikasi SIPATEN besutan Kopertis Wilayah I.
SIPATEN merupakan akronim dari Sistem Informasi Kepangkatan Tenaga Dosen.
Aplikasi ini berupaya memfasilitasi dan mempermudah proses kenaikan pangkat dosen di lingkungan Kopertis wilayah I.
“SIPATEN ini merupakan upaya kami dalam membantu proses kenaikan pangkat tenaga dosen di lingkup Kopertis I,” ungkap Dian Armanto Koordinator Kopertis Wilayah I Sumatera Utara.
Horas…! (MSF)