SERPONG – Soft launching Gerakan Indonesia Menulis menuju Indonesia Emas oleh Staff Ahli Bidang Relevansi dan Produktivitas Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Agus Puji Prasetyono, dipandang perlu untuk membangun karakter (character building) Insan IPTEK serta meningkatkan motivasi para peneliti, perekayasa, pranata nuklir dan fungsional lainnya.

Acara yang digelar di Auditorium Graha Widya Bakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (30/8) ini mempunyai tema “Pembangunan Karakter Melalui Gerakan Indonesia Menulis Dalam Rangka Kebangkitan Teknologi Menuju Indonesia Emas 2045” dan menghadirkan motivator Ary Ginanjar Agustian yang sekaligus Founder ESQ dan CEO ESQ Group.

Atas dasar pemikiran tersebut, Organisasi profesi Himpunan Peneliti Indonesia atau Himpenindo, kegiatan seminar ini bertujuan untuk memberikan motivasi dalam kerangka pembangunan karakter sumber daya manusia Indonesia dengan mengundang narasumber dan pembicara ahli dengan target peserta para peneliti, perekayasa, pranata nuklir dan fungsional lainnya.

Sejalan dengan itu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan (Kemenristekdikti) sangat mengapreasi kepada penyelenggara atas acara yang sangat penting ini dan dikemas dalam forum dialog kebangkitan insan iptek.

“Kemenristekdikti sangat serius mendorong para peneliti, perekayasa dan seluruh insan Iptek untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan semua bidang fokus strategis untuk mewujudkan; Ketahanan Pangan Nasional, Energi, Kesehatan, Teknologi Informasi, Transportasi, Material Maju, Pertahanan, dan Maritim,” ujar Agus Puji Prasetyono pada sambutannya dan sekaligus membuka acara seminar tersebut.

Agus juga menambahkan, Seluruh insan iptek ditunggu akan inovasinya dalam mewujudkan harapan bangsa melalui inovasi untuk pembangunan ekonomi, daya saing, demi kesejahteraan bangsa Indonesia.

“Harapan saya kedepan Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang bisa bersinergi serta dapat menciptakan insan iptek yang tangguh dan berkompetensi tinggi, dan berdaya saing,” tegas Staff Ahli Bidang Relevansi dan Produktivitas Kemenristekdikti itu.

Setelah mengikuti kegiatan ini para peserta diharapkan dapat meningkatkan motivasinya, terbentuk karakternya yang lebih baik lagi, sehingga dapat menyumbangkan hasil karyanya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menuju Indonesia Emas tahun 2045.

Melalui Gerakan Indonesia Menulis, Marilah budayakan menulis, ekspresikan buah pikiran menjadi sebuah tulisan yang nantinya bisa bermanfaat bagi orang banyak, bermaanfaat bagi tumbuh berkembangnya Iptek serta inovasi karena cita-cita besar ini harus didukung sepenuh hati oleh seluruh elemen masyarakat. (ard)

Galeri