Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) yang berlangsung sejak tahun 2004 telah memberikan dampak positif pada budaya menghargai prestasi dan atau karya mahasiswa di kalangan perguruan tinggi. Pada perkembangannya penyelenggaraan pemilihan Mawapres mengalami perubahan yang positif. Dalam rangka mengadopsi beberapa masukan dari berbagai pihak, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan senantiasa tanggap untuk terus memperbaiki pedoman. Perbaikan terutama pada pemilihan tema dan topik serta proses pendaftaran dan seleksi yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi untuk sistem pendaftaran, pengelolaan dokumen, penilaian, dan publikasi secara daring (online).

Sejalan dengan visi pengembangan kemahasiswaan yaitu “Mahasiswa Indonesia Cerdas Komprehensif dan Kompetitif”, tema Mawapres tahun ini adalah “Indonesia Yang Mandiri”.

Pemilihan Mawapres ini akan terus ditingkatkan kualitasnya dalam rangka memberikan motivasi berprestasi di kalangan mahasiswa dan menciptakan iklim akademik yang kondusif. Selain itu, diharapkan proses pemilihan ini dapat diadopsi menjadi sebuah sistem pembinaan prestasi di perguruan tinggi.

Seperti tahun lalu, tahun ini pemilihan Mawapres diselenggarakan dalam dua kelompok pemilihan, yaitu Mawapres Program Sarjana dan Mawapres Program Diploma. Perbedaan penyelenggaraan terutama terletak pada kriteria, prosedur pemilihan dan atau cara penilaian.
Buku pedoman ini merupakan pedoman kelompok Diploma untuk acuan bagi penyelenggara pemilihan Mawapres Program Diploma baik di tingkat perguruan tinggi maupun tingkat nasional.

Kepada pimpinan Perguruan Tinggi serta dosen pembimbing, para juri dan semua pihak yang terlibat dan mendukung kegiatan ini kami mengucapkan terima kasih, semoga layanan dan atau dedikasi kita di bidang kemahasiswaan ini mendapat ridho dari Allah SWT.

Jakarta, Februari 2014
Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Illah Sailah

untuk informasi lebih lanjut silahkan klik link download dibawah ini:

PANDUAN MAWAPRES Diploma 2014