Lomba debat menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris antarperguruan tinggi telah menjadi bagian penting dalam kompetisi perguruan tinggi di dunia. Lomba debat ini menuntut keterampilan berbahasa Inggris dan berargumentasi. Keterampilan berbahasa Inggris yang baik akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional. Sedangkan keterampilan atau kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual. Menyadari pentingnya lomba debat bagi peningkatan kompetensi mahasiswa dan kualitas pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengembangkan kegiatan ini melalui kegiatan National University Debating Championship (NUDC).

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud telah melangsungkan lomba NUDC sejak tahun 2008. Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi para mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antarperguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa.

Pemenang NUDC tahun 2013 telah diutus sebagai delegasi Indonesia ke lomba debat tingkat dunia (World University Debating Championship) di Chennai, India yang diikuti oleh 63 negara. Delegasi Indonesia berhasil mengukir prestasi dengan meraih Juara 1 untuk kategori EFL. Pemenang NUDC tahun 2014 akan mewakili Indonesia WUDC di Kuala Lumpur, Malaysia yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Desember 2014 s.d. awal Januari 2015.

Pedoman ini disusun agar NUDC di tingkat perguruan tinggi, tingkat wilayah maupun di tingkat nasional dapat terlaksana dengan baik. Selain Pedoman NUDC, Ditjen Pendidikan Tinggi juga menerbitkan petunjuk teknis penyelenggaraan NUDC.

Kepada semua pihak yang membantu tersusunnya pedoman umum ini kami mengucapkan terima kasih.

Jakarta, Februari 2014
Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan,

Illah Sailah

Unduh Panduan: PEDOMAN DEBAT BHS INGGRIS-NUDC 2014