Washington DC 10 April 2017.  Dua belas orang peserta debat Bahasa Indonesia dari universitas di berbagai negara bagian di Amerika Serikat mengikuti lomba debat di KBRI Washington DC 10 April 2017. Peserta berasal dari  John Hopkins University, Northern Illinois University, University of California Los Angeles, University of Washington, Cornel University, Harvard University, dan Yale University.

Materi debat adalah “Indonesia Negara Maritim, bukan Agraris”, setiap peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan mengenai tema tersebut selama 3 menit dan kemudian menjawab, dalam bahasa Indonesia, dua pertanyaan dari peserta lain. Peserta dinilai berdasarkan kriteria interpretasi, seni deklamasi dan kefasihan, struktur kalimat, sikap dan gestures.

Sangat mengagumkan bahwa peserta yang rata-rata baru belajar Bahasa Indonesia satu-dua semester mampu menyampaikan pidato dan menjawab pertanyaan dengan baik. Dari 12 peserta debat Bahasa Indonesia tersebut terpilih pemenang-pemenang dalam setiap kategori, antara lain ; Claudia Natalie Gunawan dari UCLA di kategori Madya Tinggi, James Lowell Jackson dari Cornell University dan Leo Reich, dari NIU dari kategori mahir dan Kevin Qualey, dari Harvard University dari kategori madya.

Ismunandar, Atase Pendidikan di KBRI Washington DC, menyatakan bahwa pelaksanaan lomba ini merupakan pelaksanaan yang kedua, setelah yang pertama tahun lalu dilaksanakan di Yale University. Ia menyatakan bahwa kualitas lomba terus meningkat yang mencerminkan bahwa minat dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di berbagai universitas di AS terus berkembang (Atd)

washington-2