Makassar – Rangkaian kegiatan memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-22, 10 Agustus 2017 di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, akan diluncurkan, Jumat (16/6/2017) di Pelabuhan Paotere Makassar.

Demikian ditegaskan Sekretaris Harian Harteknas 2017, Supriyadi, S.Sos, Selasa (6/6/2017) pada rapat koordinasi dengan humas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan diwakili  Plt Kasubag Pegumpulan Komunikasi dan Informasi (Komaruddin),  wakil dari Humas Pemerintah Kota Makassar,  Humas UNHAS (Ishak Rahman),  Humas UNM (Burhanuddin)  dan Kopertis IX Sulawesi (Moh Yahya Mustafa) serta Event Organizer (EO) yang akan melaksanakan persiapan peluncuran acara itu.

Pertemuan tersebut membahas kesiapan Humas yang tergabung dalam kepanitian untuk mendukung penuh kegiatan berskala nasional tersebut. Panitia diharapkan mampu berperan aktif dalam publikasi kegiatan. Humas Provinsi Sulawesi Selatan siap mensupport dan mensosialisasikan kegiatan ini. Agar diketahui oleh masyarakat luas dan pesan serta tujuan kegiatan ini dapat tersampaikan dengan baik,” kata Badaruddin selaku Kepala Bagian Humas Sekretaris Daerah Pemprov Sulawesi Selatan. Ada beberapa kegiatan yang akan digelar saat launching Hakteknas. Diantaranya tausyiah Ramadan, bakti teknologi untuk nelayan dengan mesin kapal berkonventer kit PT Inti (Persero), berbagi sembako, demo rumput laut, salat magrib berjama’ah dan buka bersama.

Dijelaskan, pada peluncuran rangkaian Hakteknas 2017 ini  direncanakan akan dihadiri oleh Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri ESDM Ignasius Johan, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan Nila Djuwita Muluk  serta Menristekdikti Muhammad Nasir.

index

Sekretaris Harian Harteknas 2017, Supriadi, S.Sos, Selasa (6/6/2017) pada rapat kordinasi persiapan peluncuran rangkaian acara Hakteknas 2017 di Makassar. (foto:ist).

Pada tingkat nasional Menristekdikti Mohamad Nasir telah meluncurkan  Hakteknas di Gedung II Lapangan Upacara BPPT Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017). Tema  diangkat soal pembangunan poros maritim, dengan  subtema Peran SDM dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia, kata Supriyadi.

Pilihan pada tema itu sesuai visi pembangunan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Paling tidak ada 4 hal jadi fokus pembangunan maritim di Indonesia, yaitu penguatan kedaulatan maritim, pengelolaan SDA secara mandiri dan berkelanjutan, pengembangan infrastruktur secara mandiri dan terpadu, serta pengembangan SDM, iptek, dan budaya maritim, seperti diungkapkan  Menristekdikti saat peluncuran Hakteknas 2017 di Jakarta, tegas Kepala Bagian Hukum, Kerjasama dan Layanan Informasi Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti RI ini.

Kota Makassar jadi  lokasi penyelenggaraan puncak peringatan Hakteknas ke – 22 karena Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Sulawesi Selatan juga merupakan provinsi dengan dinamika pembangunan pesisir paling tinggi di Indonesia.

Selain kedua faktor tersebut, Pelabuhan Makassar merupakan pelabuhan terpadat di kawasan Indonesia Timur. Sehingga diharapkan dapat menjadi pilar dalam mendukung poros kemaritiman.

Hakteknas 2017  akan dimeriahkan dengan mini eksebisi produk inovasi dari berbagi LPNK, BUMN Industri Strategis, Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), kampus PTN dan PTS,  Pemkot Makassar, katanya.

DJPI/HKLI