Dalam upaya mengkokohkan Politeknik Negeri Pontianak sebagai bagian dari perguruan tinggi kelas dunia (world class University) dan sebagai perwujudan visi global sebgai perguruan tinggi vokasi yang terpercaya ditingkat nasional dan internasional, manajemen Politeknik Negeri Pontianak secara terus menerus melakukan upaya dan terobosan. Salah satu diantaranya meningkatkan kerjasama dengan universitas di luar Indonesia yang ternama. Sebelumnya, telah dilakukan kerjasama dengan universitas di Perancis dan di Inggris yang sudah berjalan 2 tahun. Menjelang akhir tahun 2016 Politeknik Negeri Pontianak kembali melakukan kerjasama dengan Universits di Jepang, yaitu Kyoto University dan Ehime University.

Politeknik Negeri Pontianak yang diwakili Pembantu Direktur IV, Hj. Utin Nina Hermina, SE, M.Si dan Kepala Kantor Urusan Internasional, Muhammad Ali, S.Pd, M.EIL, melakukan pertemuan dengan pejabat ke dua perguruan tinggi tersebut. Perguruan tinggi yang pertama yang dikunjungi adalah Kyoto University. Kunjungan ke Universitas ini adalah untuk melakukan monitoring terhadadap perkembangan studi salah satu staf pengajar Politeknik Negeri Pontianak yaitu Ibu Dewi Dimyati dari jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan, yang sedang menyelesaikan program doktornya. Pembantu Direktur IV didampingi Kepala Kantor Urusan Internasional M. Ali, S.Pd, M.EIL melakukan pembicaraan kerjasama antara Politeknik Negeri Pontianak dan Kyoto University. Delegasi Politeknik Negeri Pontianak bertemu dengan Prof. Dr. Eng. Tomoharu HORI, Kepala Pusat Kajian Sumber Air Universitas Kyoto/ Water Resource research Center  yang berada di bawah Pusat Kajian Pencegahan Bencana/ Disaster Prevention Institute Research yang merupakan tempat dimana Ibu Dewi Dimyati melakukan penelitian untuk disertasinya. Dalam pertemuan tersebut dibicarakan tentang perkembangan penelitian yang dilakuan oleh Ibu Dewi Dimyati dan kemungkinan penandatangan MoU dengan Kyoto University, khususnya dengan Disaster Prevention Institute ResearchCenter. Delegasi Politeknik Negeri Pontianak kemudian di bawa berkeliling pusat kajian tersebut untuk melihat laboratorium dan mengunjungi museum penanggulangan bencana yang dimilikinya.

Selanjutnya delegasi Politeknik Negeri Pontianak mengunjungi Ehime University yang terletak di kota Matsuyama. Di universitas ini, Pembantu Direktur IV dan Kepala Kantor Urusan Internasional Politeknik Negeri Pontianak bertemu dengan Dekan Fakultas Pertanian Ehime University, Prof.Dr.Masatoshi Sugimori dan Staf Khusus Presiden Ehime University, Prof. Dr. Takuya Sugahara. Beberapa kemungkinan aktifitas kerjasama antar Politeknik Negeri Pontianak dan Ehime University di bahas dalam pertemuan tersebut. Pertukaran mahasiswa, staf dan dosen,  joint research serta kerjasama dalam penyelenggaraan seminar dan workshop internasional adalah beberapa opsi kegiatan kerjasama yang bisa dilaksanakan antara ke dua perguruan tinggi tersebut. Dijelaskan juga bahwa di Jepang, penandatangan MoU baru dapat dilakukan apabila  didahului oleh beberapa kegiatan kerjasama antara perguruan tinggi yang bersangkutan. Di akhir pembicaraan, dipastikan bahwa staf Khusus Presiden Ehime University, Prof.Dr.Masatoshi Sugimori, yang juga merupakan dosen di Fakultas Pertanian, akan datang ke Politeknik Negeri Pontianak pada tanggal 17 Desember 2016 untuk memberikan workshop tentang food function. Ini akan menjadi aktifitas kerjasama yang pertama antara Politeknik Negeri Pontianak dan Ehime University. (Erwandi – Pranata Humas Muda)