Jakarta – Kompetisi Robot Nasional 2016 (KRON) menjadi ajang pencarian anak-anak bangsa yang potensial di dunia Robotika Indonesia. Kompetisi robot ini juga merupakan ajang adu keterampilan dalam mendesain dan merakit robot yang bertujuan mengasah kreativitas bagi generasi muda. Melalui kompetisi ini diharapkan dapat mengembangkan pendidikan robotika di Indonesia.

Dalam penutupan Kompetisi Robot Nasional 2016 yang diselenggarakan di PP-IPTEK, TMII, Jakarta Timur ini, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi para peserta untuk semakin menyukai dunia robotika.

“Harapan kami dengan lomba ini bisa menjadi motivasi para peserta, dan nantinya bisa bersaing di kompetisi robotika tingkat internasional,” ujar Iis Ferdiansyah selaku Ketua Penyelenggara KRON 2016, Minggu, (16/10).

img_8922-2-kcl

Dirinya menambahkan bahwa event ini bisa mengedukasi anak-anak bangsa untuk menyukai dunia robotika dan mencari anak-anak yang berpotensi untuk menjadi ahli dalam pembuat robot di Indonesia.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang bekerjasama dengan Robotic Organizing Committee Indonesia (ROCI) sudah ketiga kalinya mengadakan kompetisi ini.

Vice President ROCI, Riza Muhida mengatakan, robot yang dilombakan adalah robot-robot yang didesain oleh siswa Indonesia sendiri. Dalam perlombaan, robot-robot tersebut juga diadu dalam berbagai jenis lomba.

Tak hanya itu, robot yang digunakan juga bermacam-macam, ada robot humanoid, hingga robot yang bisa terbang seperti drone. Sementara untuk sisi kreatif, ada robot yang digunakan untuk melakukan penanggulangan banjir, hingga sistem parkir kendaraan.

img_8929-2-kcl

“Robot-robot yang ditampilkan sangat bermacam-macam, Kita hanya membuat rule, lalu mereka menyiapkan robot sesuai dengan rule, yang penting, semua made in Indonesia,” katanya.
Akhir acara, suasana bahagia dari para peserta kompetisi yang diikuti mulai dari kalangan TK/SD/SMP/SMA/SMK pun muncul ketika pengumuman pemenang dimulai pada waktu sore hari hingga malam.

Ada 13 kategori kompetisi, dan masing-masing kategorinya memiliki 3 pemenang juara 1,2, dan 3 serta 1 pemenang pada special award.

13 kategori kompetisi tersebut antara lain; 1) Brick Speed, 2) Push Push/Sumo Robot, 3) Animation Robotic, 4) Volley Sport, 5) 2 ON 2 Soccer, 6) Maze Solving, 7) Aerial Robot, 8) Robot Creative, 9) Kinder Mission, 10) Robot Theater, 11) Humanoid, 12) Trashure Hunt, 13) Line RACING.

img_8992-2-kcl

Pada KRON 2016 tahun ini, Negara tetangga Malaysia juga ikut dalam kompetisi robot tahunan yang sudah diselenggarakan ketiga di Museum PP Iptek Taman Mini Indonesia Indah. (ard)