Jakarta – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menggelar kegiatan jalan sehat bersama seluruh jajaran dalam rangka menutup rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21, dan juga untuk memeriahkan HUT ke-71 RI.

Jalan sehat yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, jumat pagi (19/8) ini, dihadiri oleh berbagai unit kerja dalam lingkup Kemenristekdikti.

Sebagaimana diketahui bahwa rangkaian Hakteknas ke-21 telah dilaksanakan dengan baik.

Menristekdikti sangat mengapresiasi panitia Hakteknas ke-21 yang telah bekerja dengan baik. “Saya sangat mengapresiasi kerja keras para panitia Hakteknas yang telah sukses melaksanakan segala rangkaian hingga penutupan jalan sehat ini,” ujar Menristekdikti saat memulai start jalan sehat dengan mengibaskan bendera.

“Semoga Hakteknas tahun berikutnya semakin baik lagi melalui evaluasi untuk peningkatan,” tambah Menristekdikti.

Rangkaian Hakteknas yang dimulai dari acara launching pada tanggal 31 Mei 2016 yang lalu di Semarang kemudian dilanjutkan dengan berbagai side event seperti jalan sehat pada tanggal 7 Agustus 2016 di kota Solo, 14 kegiatan ilmiah yang dilangsungkan dari tanggal 8 hingga tanggal 13 Agustus, acara puncak pada tanggal 10 Agustus 2016 yang dihadiri Presiden RI ke 3 bapak B.J. Habibie, Menko PMK Puan Maharani dan beberapa Menteri Kabinet Kerja lainnya, para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti dan utusan dari berbagai provinsi dan kabupaten kota, para peneliti Indonesia, Mahasiswa Bidikmisi di berbagai Universitas se-Indonesia, serta para pelaku dunia usaha dan masyarakat luas juga hadir dalam perhelatan peringatan Hakteknas ke-21.

Pemberian penghargaan kepada aktor-aktor inovasi serta penandatanganan berbagai MoU juga dilaksanakan dalam malam apresiasi Hakteknas.

Kegiatan pameran Ritech Expo pada 10-13 Agustus 2016 menampilkan produk inovasi karya anak bangsa yang dihadiri 4000 orang pengunjung perharinya.

Sementara itu Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe mengatakan jalan sehat ini untuk membuat para karyawan makin bersatu dan solid untuk mendorong pencapaian program kedepan jadi lebih baik.

Acara jalan sehat tersebut juga berlangsung meriah karna ada 99 doorprize untuk para peserta jalan sehat.

Kedepan, Kemenristekdikti berharap Hakteknas dapat menyebar dan menggelora ke seluruh penjuru negeri dan menjadikan teknologi dan inovasi sebagai mainstream gerakan membangun karakter bangsa, serta menjadikan tahun 2016 sebagai Tahun Inovasi Indonesia.

Sekali lagi, Selamat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, senantiasa terus Gelorakan Inovasi! (fly/ard)