Mewabahnya Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia mewajibkan semua aktifitas dilakukan dari rumah. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden RI dan Mendikbud bahwa sekarang saatnya bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di Indonesia. Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, juga mengeluarkan surat edaran yang salah satu poinnya adalah melakukan ujian tugas akhir skripsi, tesis, disertasi yang dihadiri dosen penguji atau mahasiswa yang diuji, atau dilaksanakan secara online.

Menyahuti kebijakan tersebut Dekan FIS mendorong agar pelaksanaan kegiatan akademik tetap berjalan dengan baik, dan wujudnya yakni pada hari ini dilakukannya ujian skripsi secara online perdana (23/03/2020). Ujian skripsi online dilakukan dari rumah masing-masing dosen penguji dan mahasiswa dan dimoderator oleh Ketua Prodi Antropologi Dr. Rosramadhana, M.Si di kantor kaprodi Pendidikan Antropologi FIS lt.2.

Ujian skripsi secara online ini turut disaksikan oleh Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd., Wakil Dekan I FIS Dr. Tappil Rambe, S.Pd., M.Si., Wakil Dekan III FIS Dr. Erond Litno Damanik, M.Si dan Ka. Lab Pendidikan Antropologi Daniel H.P. Simanjuntak, S.Sos., M.Pd, dan beberapa staf akademik FIS.

Seminar prosposal dan Ujian skripsi online di FIS dilakukan selama 2 hari pada hari pertama (23/03/2020) dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Antropologi yang melakukan ujian skripsi secara online adalah 1. Dina Maulina (Mahasiswa), Pembimbing Dr. Ratih Baiduri, M.Si. , Penguji : Dra. Trisni Andayani, M.Si., Dr. Rosramadhana, M.Si, Ayu Febryani, S.Pd., M.Si. 2. Rifki Gunedi Girsang, Pembimbing : Dr. Puspitawati, M.Si., Penguji : Supsiloani, S.Sos., M.Si., Dr. Ratih Baiduri, M.Si., Dr. Erond Litno Damanik, M.Si., 3. Rizky Ray Harahap Pembimbing : Dr. Puspitawati, M.Si., Penguji : Sulian Ekomila, S.Sos., M.S.P., Dr. Erond Litno Damanik, M.Si, Noviy Hasanah, S.Sos., M.Hum. 4. Gita Juli Hapsari Pembimbing : Sulian Ekomila, S.Sos., M.S.P., Penguji : Dr. Erond Litno Damanik, M.Si, Dr. Bakhrul Khair Amal, S.E., M.Si., Dr. Murni Eva Marlina, S.Sn., M.Si. sedangkan hari kedua dilaksanakan ujian skripsi, dosen dan mahasiswa yang mengikuti ujian skripsi online adalah 1. Indriani Lubis (08.00-09.00) Pembimbing : Noviy Hasanah, S.Sos., M.Hum., Penguji : Dr. Erond Litno Damanik, M.Si, Drs. Payerli Pasaribu, M.Si., Sulian Ekomila, S.Sos., M.S.P. Saksi : Dr. Rosramadhana, M.Si, Pencatat : Wira Fimansyah, S.Pd., M.Pd., 2. Rahmi Syafina, Pembimbing : Dr. Rosramadhana, M.Si., Penguji : Drs. Waston Malau, M.S.P., Dr. Bakhrul Khair Amal, S.E., M.Si., Dr. Erond Litno Damanik, M.Si, Saksi : Sulian Ekomila, S.Sos., M.S.P., Pencatat : Dedi Andriansyah, S.Pd., M.Si., 3. Panesa Siahaan, Pembimbing : Dr. Rosramadhana, M.Si., Penguji : Dra. Trisni Andayani, M.Si., Dr. Murni Eva Marlina, S.Sn., M.Si., Muhammad Iqbal, S.Sos., M.Si., Saksi : Daniel H.P. Simanjuntak, S.Sos., M.Pd, Pencatat: Daud, S.Pd., M.Pd.

Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, ketika usai menyaksikan mahasiswa selesai presentasi ujian skripsinya menyampaikan apresiasinya kepada dosen Prodi Pend. Antropologi, karena telah melakukan ujian skripsi online ini. “saya sangat berterima kasih kepada FIS UNIMED karena kebijakan dalam mendukung pencegahan penyebaran COVID 19 dengan melakukan ujian skripsi secara online. Kegiatan akademik di Unimed harus tetap berjalan secara maksimal, tidak boleh dihentikan, apapun alasannya, karena kita tidak mau mahasiswa dirugikan. Kondisi saat ini yang kurang mendukung kegiatan akademik berjalan dengan baik karena pencegahan Covid-19, harus kita sikapi dengan arif dan bijaksana. Semoga hal yang baik ini bisa diikuti semua civitas, untuk tetap menjalankan tupoksi masing-masing fungsionaris dan dosen. Tetaplah lakukan ujian seminar proposal, ujian kompri, ujian skripsi, tesis dan disertasi jika semua persyaratan sudah terpenuhi. Jika tidak memungkinkan dilaksanakan seperti biasa di kampus, ujian tersebut bisa dilaksanakan secara online. Fasilitas jaringan kita di kampus sudah memadai kok. ” ujar Rektor.

Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada pak Rektor yang ikut hadir menyaksikan ujian skripsi secara online di FIS. Kami di FIS akan terus komitmen untuk tetap melaksanakan tugas dan tanggungjawab kami dalam kegiatan akademik. Kita terus pantau secara maksimal agar proses perkuliahan harus tetap berjalan dengan baik. Seminar proposal, ujian kompri, ujian skripsi juga harus tetap dilaksanakan baik manual di kantor atau secara online. Kami yakin semua dosen dan mahasiswa Unimed pasti bisa melaksanakan ujian tugas akhir secara online. (Humas Unimed/zr)