Universitas Ivet, Sejak diberlakukan pengurangan aktivitas tatap muka bagi mahasiswa di kampus pada hari Senin (16/3/2020), Universitas Ivet tetap melaksanakan fungsi-fungsi layanan bagi masyarakat dan mahasiswa khususnya pelayanan akademik dan penerimaan mahasiswa. Dan memberlakuan jadwal piket bergantian bagi Pejabat Struktural dan Tenaga Kependidikan.

Dalam pemberlakuan kebijakan tersebut, Rektor Universitas Ivet Prof. Dr. Rustono, M.Hum tetap mengelar apel dan rapat koordinasi dengan pejabat struktural pada Senin (23/3/2020) melalui jaringan daring. Pembahasan Apel dan Rapat koordinasi ini memuat berbagai hal salah satunya koordinasi mengenai respons langkah antisipatif COVID-19 di lingkungan kampus.

Dalam kegiatan Apel dan Rapat koordinasi tersebut Rektor menyampaikan bahwa mulai dari tanggal 16 Maret 2020 lalu Universitas Ivet sudah mengeluarkan beberapa langkah untuk mencegah penyebaran virus corona di kampus diantaranya memberhentikan sementara perkuliahan tatap muka dan mengantikan dengan perkuliah online kemudian Rektor juga menagguhkan kegiatan seluruh civitas akademika di tingkat nasional hingga international.

Rektor juga berpesan kepada seluruh civitas akademika untuk LOCKDOWN sendiri walaupun pemerintah belum mengultimatum untuk me lockdown semua kegiatan. LOCKDOWN sendiri itu dapat di uraikan yaitu L (Langka Plesiran / Jangan berwisata) kemudian O ( Ora usah klayaban/ jangan berpergian kemana ā€“ mana) kemudian C (Cukup neng omah / cukup di rumah tidak melakukan aktivitas di luar) kemudian K (Kumpul Bersama keluarga) kemudian D (Dijemur awak e / menjemur badan di sinar matahari) kemudian O (Olah raga yang cukup) kemudian W (Wisuh Tangane / cuci tangan) kemudian N (Ndongane diakeh i / berdoa yang banyak)

Dalam rapat tersebut Wakil Rektor 1 Dr. Luluk Elyana, M.Si. juga menyampaikan bahwa perkuliahan online tidak harus melulu mengerjakan tugas namun perlu juga meminta mahasiswa untuk merangkum sebuah buku sesuai dengan materi perkuliahanya karena itu sangat penting sebab mahsiswa jadi tau tentang materi perkuliahan dan tentunya mahasiswa mau membaca. Jadi tugas yang di berikan kepada mahasiswa itu lebih ke belajar dan membaca tidak hanya tugas saja yang di berikan agar mahasiswa sendiri nantinya dapat menguasai materi dengan sendirinya.

Kemudian Wakil Rektor 2 Suyanto M.T juga menyampaikan bahwa Universitas Ivet sudah membantu pemerintah dalam upaya pencegahan virus corona diantaranya membentuk Satgas COVID 19 yang dimana bertugas untuk mngecek suhu tubuh bagi dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa serta tamu yang masuk di area kampus Universitasa Ivet, kemudian memberlakukan jam piket bagi pelayanan administrasi sehingga masyarakat dan seluruh civitas akademika masih dapat terlayani, selain itu kami juga berupaya untuk menyemprot cairan disenfektan di seluruh lingkungan Kampus.

Tidak hanya itu saja Wakil Rektor 3 Drs. Tri Leksono M.Pd. Kons.juga menyampaikan bahwa untuk bidang kemahasiswaan menghimbau seluruh mahasiswa untuk tinggal di rumah masing masing dan jangan melakukan aktifitas apapun di luar rumah hingga keadaan normal kembali kami juga membentuk tim relawan untuk membantu pemerintah kota semarang dalam menaggulangi penyebaran virus corona ini dan sudah berjalan beberapa waktu lalu di beberapa titik keramaian di kota semarang yaitu membagikan Masker dan Hand Sanitaizer kepada masyarakat, lalu kegiatan yang berhubungan dengan kemahasiswaan sementara ini di tunda sampai keadaan aman kembali. Turut serta dalam apel dan rapat koordinasi itu, diantaranya Wakil Rektor, Dekan seluruh fakultas, Kaprodi, serta Ka Unit.