Siaran Pers
Nomor : 12/Sipres/III/2020

IPB University selama lima tahun berturut-turut, selalu masuk dalam jajaran kampus top 100 dunia berdasarkan QS World University Ranking by Subject on Agriculture and Forestry. QS World University Ranking adalah salah satu referensi utama sistem pemeringkatan universitas dunia. Dilihat dari pengumuman terbaru situs QS World University Ranking pada hari ini, Rabu (4/3), IPB University berhasil mempertahankan posisinya dalam 100 besar dunia. IPB University bertengger pada posisi ke-59 sesuai informasi yang ada di situs tersebut.

Atas pencapaian tersebut, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menyampaikan apresiasi yang tinggi. Menurut Nizam, capaian ini harus diapresiasi. Tuturnya, belum tentu setiap perguruan tinggi dapat mempertahankan posisinya dalam 100 besar, karena penilaian tiap tahun yang cukup ketat. Prestasi ini diharapkan dapat memacu perguruan tinggi lain untuk menjadi kampus kelas dunia.

“Kami dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, tentunya amat mengapresiasi capaian perguruan tinggi dalam QS World University Ranking. Saya ucapkan selamat kepada IPB University atas capaiannya yang selama lima tahun ini berturut-turut berada pada posisi 100 besar untuk subjek pertanian dan kehutanan,” ujarnya.

Nizam juga menjelaskan bahwa Ditjen Dikti selalu mendorong dan membantu perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kualitasnya, terutama melalui paket kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang akan terus digalakan dan dikembangkan. Dengan meningkatkan kualitas yang baik, pengakuan dari dunia pun akan datang dengan sendirinya.

“Tentunya akan kami dorong terus kualitas perguruan tinggi, sehingga dapat menjalankan tri dharma dengan baik, dan menciptakan lulusan yang kompeten. Harapannya terkait QS World University Ranking memang tidak hanya pada by subject, tetapi tembus pada hasil secara umum peringkat 100 top besar dunia,” harapnya. (DZI/YH)

Humas Ditjen Pendidikan Tinggi
Kemdikbud