UNIMUDA Berbagi Praktik Baik Implementasi Program MBKM

Sebagai implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah berhasil meluncurkan 6 (enam) program unggulan (flagship) yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Kampus Mengajar (KM), Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Indonesia International Student Mobility Award (IISMA), Praktisi Mengajar (PM), dan Wirausaha Merdeka (WMK).

Hingga akhir tahun 2022, program-program unggulan tersebut  telah diikuti oleh lebih dari 420.000 mahasiswa baik melalui program unggulan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek maupun yang diselenggarakan secara mandiri oleh perguruan tinggi di seluruh penjuru Nusantara, termasuk di provinsi Papua Barat Daya yang berada wilayah Timur.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) yang ada di kota Sorong misalnya, sudah berhasil terlibat aktif dalam implementasi program-program MBKM baik program flagship maupun yang diselenggarakan secara mandiri.

“Pada peluncuran Program Kampus Mengajar tahun 2020, UNIMUDA sudah mengikutsertakan mahasiswa untuk mengabdi di sekolah-sekolah yang membutuhkan di sekitar Kota Sorong dan Kabupaten Sorong,” kata Sirojuddin, Wakil Rektor V Bidang Inovasi, Riset, dan Kerja Sama UNIMUDA Sorong kepada tim Pelaksana Pusat Kampus Merdeka dalam rangka monitoring dan evaluasi Program Kampus Mengajar, Senin (22/05).

Baca Juga :  Ngebul Darjo, Bisnis Inovatif Tim ITS Manfaatkan Food Waste Ikan Makarel

Komitmen tinggi UNIMUDA dalam menjalankan program-program MBKM juga dibuktikan dengan berdirinya Lembaga Implementasi MBKM yang bertugas untuk mengelola seluruh pelaksanaan program MBKM flagship dan mandiri. Di Program flagship UNIMUDA aktif mengikutsertakan mahasiswanya ke berbagai program seperti Kampus Mengajar, MSIB, IISMA, dan PMM. Tidak hanya itu, UNIMUDA juga menjadi Perguruan Tinggi Pelaksana (PT Pelaksana) yang mengundang para praktisi ahli untuk mengajar di kelas mahasiswa.

Alhamdulillah, UNIMUDA saat ini terdapat 30 mahasiswa yang bertugas di Kampus Mengajar Angkatan 5. 12 orang mahasiswa kami juga berhasil lolos seleksi MSIB Angkatan 4 di berbagai perusahaan di Indonesia. Di Program Praktisi Mengajar, kami sedang melaksanakan 64 mata kuliah kolaborasi dengan berbagai praktisi ahli yang kami undag. Capaian terbaiknya, satu mahasiswi kami yang merupakan putri asli Papua berhasil lulus seleksi Program IISMA dan akan kuliah selama satu semester di Italia,” terang Sirojuddin.

Dalam aspek pelaksanaan Program MBKM secara mandiri, UNIMUDA sendiri sudah masif melaksanakan berbagai program seperti KKN Tematik dan program riset mahasiswa yang sudah rutin dilaksanakan selama dua tahun terakhir melalui kerja sama dengan salah satu yayasan yang berfokus pada pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan di wilayah Timur Indonesia (Maluku dan Papua).

Baca Juga :  JICAF#2: Pameran Kolaborasi Perguruan Tinggi, Insan Kreatif dan Dunia Industri

Selanjutnya, sebagai bentuk pengakuan hasil belajar dari program MBKM yang diikuti oleh mahasiswa, UNIMUDA kemudian menyusun panduan pelaksanaan MBKM sebagai landasan untuk konversi sks dan hal lainnya yang berkaitan dengan program MBKM flagship maupun mandiri.
“Dengan berbagai pelaksanaan program MBKM, kami yakin mahasiswa Papua nantinya bisa menjadi SDM berkualitas yang siap memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan baik untuk daerahnya maupun untuk bangsa Indonesia,” tutur Wisnu Wardoyo, Kepala Lembaga Implementasi MBKM UNIMUDA Sorong.

Saat ini, mahasiswa UNIMUDA sedang bersiap untuk mendaftar dan bergabung ke dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Periode pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 6 sendiri telah dibuka hingga tanggal 4 Juni 2023 dan membuka kesempatan untuk 21.500 mahasiswa yang akan terpilih. Nantinya, para pendaftar akan mengikuti berbagai rangkaian seleksi sebelum akhirnya bisa diterjunkan ke SD, SMP, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sasaran Program Kampus Mengajar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dapat diakses melalui Instagram resmi Kampus Mengajar: @kampusmengajar; laman MBKM Program Kampus Mengajar: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar; dan surat elektronik Kampus Mengajar: kampus.mengajar@kemdikbud.go.id.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
1963 Views