“Visualize Your Idea” Insprirasi untuk Brand IKM Kabupaten Lima Puluh Kota

LIMAPULUH KOTA, – Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia, Padangpanjang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Limapuluh Kota menggelar pameran tugas akhir mahasiswanya selama satu hari, Senin (10/1).

“Visualize Your Idea”  merupakan tema pameran yang menginspirasi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kaupaten Limapuluh Kota untuk mendigitalisasi IKM. Pelaksanaan pameran dilakukan pada Industri Tenun Kubang H. Ridwan BY di Jorong Koto Baru, Kubang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota itu dan dibuka Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Fery Chofa serta  dihadiri beberapa perangkat daerah terkait seperti Kadis Kopperdag UMKM Ayu Mitria Fadri, Sekretaris Bappelitbang Lysa Anggraeni, Diskominfo dan Disparpora.

Baca Juga :  Hasilkan Lulusan Berkarakter, Sekolah Vokasi IPB University Bahas Etika Kehidupan Kampus

Pembantu Dekan II Anin Ditto, didampingi KaProdi Desain Komunikasi Visual, Ferry Fernando turut memberi dukungan dan menghadiri pameran tersebut.  “Kita berharap, kontirbusi perguruan tinggi dapat dirasakan oleh masyarakat salah satunya  kegiatan pameran yang dampaknya dapat membuka pengetahuan pelaku usaha dalam menginformasikan sekaligus mempromosikan produknya secara lebih menarik kepada khalayak ramai melalui berbagai media,” ungkap Anin Ditto.

Dalam gelaran itu dapat terlihat secara kasat mata beberapa perbaikan desain komunikasi visual yang telah dilakukan mahasiswa terhadap dua produk, yakni Tenun Kubang H Ridwan BY dan Marni Geneng seperti pembuatan website, media sosial (IG, YouTube), buku katalog produk, poster dan  kemasan. Pameran ini merupakan bagian dari tugas akhir mahasiswa kita yaitu Muhamad Ridho, Rizky Nanda Putra, M Abdullah Irsyad dan M Haecal Sultana.

Baca Juga :  UI Gelar Seminar Tantangan dan Kebijakan Vaksin Merah Putih untuk Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19

Sementara itu, dalam sambutan Kepala Disperinaker Limapuluh Kota, Fery Chofa menuturkan, event itu merupakan sebuah momen kolaborasi, di mana sebuah produk kearifan lokal yang lahir dari tradisi turun temurun yang mengakar menemukan jalannya untuk lebih berkembang dengan inovasi kreatif modern yang dinamis dengan perkembangan zaman, khususnya teknologi informatika melalui desain komunikasi visual. “Kita berharap  kegiatan ini dapat menginspirasi pelaku IKM lainnya dan Pemkab Limapuluh Kota siap memfasilitasi jalinan kerjasama yang lebih intens lagi dalam rangka pengembangan industri kecil dan menengah dalam skala yang lebih luas,” imbuhnya.  (humas)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
780 Views