Unpad Tuan Rumah AHEC 2023, Ajang Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri se-ASEAN

Universitas Padjadjaran menjadi tuan rumah pelaksanaan ASEAN Higher Education Conference (AHEC) 2023. dan Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Kota Bandung, 24 – 26 Agustus 2023 mendatang.

Ketua pelaksana AHEC 2023 Dr.med. Setiawan, dr., mengatakan, kegiatan yang diinisiasi Kemendikbudristek dan Majelis Rektor PTN Indonesia (MRPTNI) digelar sebagai upaya untuk mendukung peran Indonesia sebagai ketua ASEAN pada 2023.

“Dengan Jakarta sebagai ibu kota ASEAN, kami mendorong kontribusi pendidikan tinggi di Indonesia untuk dapat berperan menjadikan Jakarta maupun Indonesia sebagai tolok ukur pendidikan tinggi di kawasan ASEAN,” kata Setiawan.

Untuk mengimplementasikan tujuan tersebut, ada tiga fokus utama yang diangkat dalam AHEC 2023, yaitu menyangkut inovasi dan transformasi digital, konektivitas dengan industri, serta resiliensi dan keberlanjutan.

“Bagi Unpad, AHEC 2023 tidak terpisahkan dari peringatan Dies Natalis Unpad yang tahun ini masuk ke usia ke-66 tahun,” kata Setiawan.

AHEC 2023 terdiri dari empat program besar, yaitu kegiatan pre-event, main event, side event, dan post-event. Sebagai tuan rumah, Unpad melakukan kolaborasi pelaksanaan rangkaian AHEC 2023 dengan PTN Badan Hukum se-Indonesia. 

Pre-Event
Kegiatan pada pre-event dilaksanakan berupa penyelenggaraan “Communique Webinar Series”. Acara “Communique Webinar Series” digelar pada 7 Juni hingga 9 Agustus 2023. Unpad menjadi PTN pertama yang menyelenggaran webinar tersebut pada 7 Juni 2023 lalu.

Acara Communique Webinar Series selanjutnya diselenggarakan oleh sembilan PTN BH di Indonesia hingga 9 Agustus mendatang dengan kolaborasi langsung oleh Unpad. Seluruh penyelenggaraan Communique Webinar Series dapat disaksikan di kanal YouTube Unpad setiap hari Rabu.

Baca Juga :  Tiga Mahasiswa FKM UNAIR Raih Juara I LKTI PMKM 2021

Webinar kedua  dilaksanakan dengan kolaborasi UPI pada 14 Juni 2023. Webinar ketiga berkolaborasi dengan UNP pada 21 Juni 2023. Webinar kelima berkolaborasi dengan Unair pada 5 Juli 2023. Webinar keenam berkolaborasi dengan ITB pada 12 Juli 2023. Webinar ketujuh berkolaborasi dengan UT pada 19 Juli 2023. 

Webinar kedelapan berkolaborasi dengan Unhas, pada 26 Juli 2023. Selanjutnya, kolaborasi akan dilakukan dengan IPB untuk penyelenggaraan webinar kesembilan pada 2 Agustus 2023, UGM untuk webinar ke-10 pada 9 Agustus 2023, dan webinar keempat dengan UI pada 10 Agustus 2023.

Setiawan mengatakan, meski kegiatan ini dilaksanakan oleh 10 PTN BH, PTN BH yang lain tetap menjadi bagian dalam merumuskan communique yang akan dideklarasikan di hadapan Presiden RI Joko Widodo atau Mendikbudristek dalam acara konferensi utama AHEC pada 24 – 26 Agustus mendatang.

Selain seri webinar, gelaran pre-event juga diisi dengan acara Ambassador Town Hall Meeting yang digelar di kampus Institut Pertanian Bogor pada 27 Juli 2023.

Main Event
Setiawan menjelaskan, ada lima agenda kegiatan dalam acara utama AHEC 2023, yaitu konferensi AHEC 2023, ASEAN Youth Forum, Education & Innovation Expo, Matchmaking Forum, serta Green ASEAN Cultural Festival.

Kegiatan konferensi rencananya akan menghadirkan pembicara kunci Presiden Joko Widodo, Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn, dan Ketua MRPTNI Prof. Ganefri, PhD, serta sejumlah pakar dan tokoh dalam sesi plenary.

Baca Juga :  The 17th ESL Green Talk IPB University Bahas Valuasi Nilai Intrinsik untuk Konservasi Badak Jawa

Sementara acara eksibisi pendidikan dan inovasi akan diikuti 154 partisipan yang terdiri dari perguruan tinggi, lembaga pendidikan dan riset, serta industri dari seluruh kawasan ASEAN. Untuk meningkatkan kolaborasi, eksibisi ini juga akan diisi dengan Matchmaking Forum untuk mempertemukan perguruan tinggi dan industri di ASEAN,

Acara ASEAN Youth Forum dan Green ASEAN Cultural Festival akan menjadi ajang bagi mahasiswa di seluruh ASEAN untuk berkolaborasi dan mengenalkan kebudayaan negaranya masing-masing.

Side Event
Acara pada program Side Event diisi dengan ASEAN Alumni Meeting. Kegiatan ini merupakan pertemuan alumni perguruan tinggi di ASEAN untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi di ASEAN. 

Pada acara ini, para ikatan alumni perguruan tinggi di ASEAN akan berkumpul dan membahas communique yang dihasilkan dalam Webinar Series untuk kemudian disepakati implementasinya.

Post-Event
Acara post-event akan diisi kegiatan “Southeast Asia Health Security Roundtable” di JS Luwansa Hotel, Jakarta, 2 November 2023 mendatang. Acara ini difasilitasi Unpad, HITAP Thailand, dan National University of Singapore.

Acara diisi dengan pertemuan para pimpinan publik dan akademisi di Asia Tenggara untuk membahas pengalaman setiap negara dalam menghadapi Covid-19 dan kolaborasi dalam menghadapi ketidakpastian akibat wabah di masa depan.*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
918 Views